Kontribusi pengalaman praktik industri terhadap pemahaman mata diklat RAB dan RKS siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 Udanawu / Ainul Herwinda

Herwinda, Ainul (2018) Kontribusi pengalaman praktik industri terhadap pemahaman mata diklat RAB dan RKS siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 Udanawu / Ainul Herwinda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herwinda, Ainul. 2018. Kontribusi Pengalaman Praktik Industri Terhadap Pemahaman Mata Diklat RAB dan RKS Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 Udanawu. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd. (II) Drs. Eko Suwarno, M.Pd. Kata Kunci: Pengalaman Praktik Industri, Pemahaman, Teknik Gambar Bangunan. Guna menghasilkan lulusan terbaik yang sesuai dengan tujuan pendidikan kejuruan, perlu adanya kebijakan pemerintah yaitu dengan melaksanakan Praktik Kerja Industri yang disingkat dengan Prakerin. Keberhasilan prakerin dapat ditunjang dari beberapa mata pelajaran salah satunya RAB dan RKS. Sedangkan kurangnya pembekalan materi RAB dan RKS sebelum prakerin membuat siswa susah memahami materi tersebut saat diberikan nanti di kelas XII. Beberapa siswa juga mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang berbeda-beda karena lokasi praktik yang dipilih sendiri oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kesesuaian materi yang diberikan di sekolah dengan di industri, (2) mengetahui keseuaian pengalaman yang diperoleh siswa di industri dengan hasil belajar siswa mata diklat RAB dan RKS, (3) mengetahui berapa besar kontribusi pengalaman praktik industri terhadap pemahaman mata diklat RAB dan RKS. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kuantitatif dengan korelasi. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah berupa angket tertutup tentang pemahaman dan pengalaman. Dalam penelitian ini dilakukan uji validitas instrumen/angket dengan analisis butir menggunakan rumus Pearson Correlation dan diketahui terdapat 32 soal valid dari 36 soal yang diujikan dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan α = 0,913 > 0,6 dan reliabel dengan kategori ÔÇ£Sangat TinggiÔÇØ. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, dan linieritas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis diskriptif, yaitu harga rerata, presentase, diagram, dan uji korelasi. Hasil analisis diperoleh sebagai berikut: (1) Tingkat pengalaman praktik industri termasuk dalam kategori ÔÇ£Sangat BaikÔÇØ didukung oleh 4 indikator dengan skor tertinggi, (2) Pemahaman siswa terkait mata diklat RAB dan RKS termasuk dalam kategori ÔÇ£BaikÔÇØ. Hal ini ditinjau dari nilai rata-rata kelas sebesar 84,10%, (3) Terdapat kontribusi pengalaman praktik industri terhadap pemahaman mata diklat RAB dan RKS dengan hasil korelasi ÔÇ£RendahÔÇØ.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44436

Actions (login required)

View Item View Item