Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Singosari / Muhammad Asydi Baihaqqi

Baihaqqi, Muhammad Asydi (2018) Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X Bisnis Konstruksi dan Properti SMK Negeri 1 Singosari / Muhammad Asydi Baihaqqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning UntukMeningkatkanHasilBelajarSiswa Mata PelajaranKonstruksiBangunanKelas X BisnisKonstruksi Dan Properti SMK Negeri 1 Singosari M AsydiBaihaqqi1), Tri Kuncoro2), EkoSuwarno3) 1)MahasiswaJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegerimalang 2,3)DosenJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegerimalang Email: asydibaihaqqi@gmail.com Dalam kegiatan belajar mengajar sering dijumpai berbagai masalah, salah satunya yaitu adanya siswa yang bosan terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Akibatnya siswa sulit memahami materi pembelajaran, dan hasil belajar yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menerapkan model pembelajaran CTL. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 tahap, yaitu planning, acting, observing, dan reflecting dan dilaksanakan selama 2 siklus. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XBKP-2 SMK Negeri 1 Singosari dengan jumlah 31 siswa pada mata diklat konstruksi bangunan. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes, observasi aktivitas siswa, dan observasi pelaksanaan pembelajaran. Pengujian soal tes sendiri menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Rata-rata kelas pada kondisi awal yaitu 72,78, pada siklus I sebesar 84,68 dan pada siklus II mencapai 94,68. (2) Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai presentase 70,31% dan pada siklus II mencapai presentase 85,94%. (3) Keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai presentase 60% dan pada siklus II mencapai presentase 85%. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata kunci: PTK, model pembelajaran CTL, proses pembelajaran dan aktivitas belajar siswa, konstruksi bangunan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44435

Actions (login required)

View Item View Item