Hubungan volume, kecepatan dan kepadatan pada ruas jalan (jalan galunggung dan Jalan Tidar) dengan pemodelan Greenshield / Sinnuya Risma Yuchriva - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan volume, kecepatan dan kepadatan pada ruas jalan (jalan galunggung dan Jalan Tidar) dengan pemodelan Greenshield / Sinnuya Risma Yuchriva

Yuchriva, Sinnuya Risma (2018) Hubungan volume, kecepatan dan kepadatan pada ruas jalan (jalan galunggung dan Jalan Tidar) dengan pemodelan Greenshield / Sinnuya Risma Yuchriva. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iv ABSTRAK Yuchriva Sinnuya R. 2018. Hubungan Voluume Kecepatan dan Kepadatan Pada Ruas Jalan (Jalan Galunggung dan Jalan Tidar) Dengan Pemodelan Greendshield Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sugiyanto S.T. M.T (2) Dr. H. Tri Kuncoro S.T. MPd. Kata kunci Volume Kecepatan Kepadatan dan Greendshield Kemacetan pada ruas jalan Galunggung dan Tidar dikarenakan aksebilitas ekonomi sosial yang mengakibatkan kemacetan jalan yang padat. Kemampuan menampung arus lalu lintas sangat tergantung pada keadaan fisik dari jalan tersebut baik kualitas maupun kuantitasnya serta karakteristik operasional lalulintasnya. Faktor lain terjadinya kemacetan yaitu dikarenakan tidak adanya jalur alternatif banyaknya jalan yang langsung kearah jalan sekunder termasuk lajur kendaraan campuran 2 jalur 2 arah. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui karakteristik hubungan volume kecepatan dan kepadatan lalulintas pada ruas jalan Galunggung dan jalan Tidar serta menggambarkan hubungan antara variabel dengan menggunakan pemodelan Greendshield. Metode pengumpulan data dengan mengamati pergerakan arus lalulintas dengan cara merekam pergerakan arus di dua lokasi jalan selama masing-masing 12 jam untuk mendapatkan data volume dan kecepetan. Dari data tersebut dilakukan analisis data dengan pemodelan Greendshield dan regresi linier dengan uji statistik menggunakan software SPSS. Berdasarkan hasil penelitian pada jalan Galunggung Hubungan antara volume dan kecepatan terjadi ketika meningkatnya volume lalulintas maka akan terjadi penurunan kecepatan yaitu dengan hasil volume maksimum (Vm) 392 smp/jam kecepatan pada saat volume maksimum (Um) 22 km/jam. Hubungan antara kecepatan dan kepadatan terjadi ketika meningkatnya kepadatan maka akan menurunkan kecepatan kendaraan yaitu pada jalan Tidar volume maksimum (Um) 23 km/jam dan kepadatan pada saat volume maksimum (Dj) 13 smp/km. Hubungan antara volume dan kepadatan terjadi ketika volume maksimum maka kepadatan menjadi tinggi yang dapat mengakibatkan kemacetan yaitu pada jalan Galunggung volume maksimum (Vm) 392 smp/jam kepadatan pada saat volume maksimum (Dj) 19 smp/km . Karakteristik volume kecepatan dan kepadatan saling berhubungan semakin banyak volume kendaraan maka akan terjadi penurunan kecepatan kendaraan dan mengakibatkan kepadatan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dengan pemodelan Greendshield didapatkan hasil hubungan kecepatan dan kepadatan Us 45.018 -2.980D serta hasil determinasi pada jalan Galunggung R2 0.843. Hasil penelitian hubungan kecepatan dan kepadatan Us 45.636 1.746D serta hasil determinasi jalan Tidar R2 0.971. 5

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44434

Actions (login required)

View Item View Item