Evaluasi program pembelajaran menggambar teknik bangunan 2 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan untuk menyiapkan guru profesional di SMK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti / Clarissa Ilmadasari Parasayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pembelajaran menggambar teknik bangunan 2 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan untuk menyiapkan guru profesional di SMK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti / Clarissa Ilmadasari Parasayu

Parasayu, Clarissa Ilmadasari (2018) Evaluasi program pembelajaran menggambar teknik bangunan 2 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan untuk menyiapkan guru profesional di SMK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti / Clarissa Ilmadasari Parasayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Parasayu Clarissa Ilmadasari. 2018. Evaluasi Program Pembelajaran Menggam-bar Teknik Bangunan 2 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan untuk Menyiapkan Guru Profesional di SMK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T. (II) Drs. Mujiyono M.Pd Kata Kunci Evaluasi Menggambar Teknik Bangunan 2 Guru Profesional Kompetensi menggambar dengan perangkat lunak termasuk salah satu kompetensi profesional yang penting dikuasai oleh lulusan PTB sebagai calon guru SMK. Kompetensi profesional tersebut diperoleh mahasiswa PTB melalui program mata kuliah MTB 2. Masih banyak mahasiswa prodi S1 PTB yang belum kompeten pada mata kuliah MTB 2. Hal tersebut terbukti pada saat mahasiswa melaksanakan praktik mengajar yang enggan mengajar mata diklat mengenai menggambar dengan perangkat lunak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan studi komparasi. Sampel penelitian ini adalah seluruh anggota populasi/sampel jenuh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemenuhan empat kompetensi mahasiswa PPL sebagai calon guru profesional. Nilai r tabel untuk uji validasi sebesar 0 444. Sehingga hasil validiasi kuesioner penilaian kompetensi profesional mahasiswa PPL diperoleh 55 item pertanyaan yang valid dari 68 item pertanyaan. Uji reliabilitas instrumen penilaian kompetensi profesional mahasiswa PPL sebesar 0 972 yang berarti reliabel. Kuesioner penilaian kompetensi pedagogik dan personal-sosial mengadopsi dari instrumen yang dikembangkan oleh P4L. Teknik analisis data dilakukan dengan memberi skor setiap jawaban sesuai dengan skala yang ditentukan. Analisis yang dilakukan meliputi analisis deskriptif dan statistik. Kesimpulan hasil penelitian (1) Standar kebutuhan kompetensi profesional guru menggambar dengan perangkat lunak berupa indikator-indikator yang dikembangkan dari KD mata diklat MPL yang telah melalui analisis dan penyempurnaan dari para ahli (2) Pencapaian kompetensi profesional mahasiswa PPL masuk kriteria sedang dan memenuhi kebutuhan minimal kompetensi profesional (3) Pencapaian kompetensi pedagogik mahasiswa PPL masuk kriteria sedang dan memenuhi kebutuhan minimal kompetensi pedagogik (4) Pencapaian kompetensi personal-sosial mahasiswa PPL masuk kriteria sedang dan memenuhi kebutuhan minimal kompetensi personal-sosial (5) Ada perbedaan yang signifikan antara standar kebutuhan kompetensi profesional guru menggambar dengan perangkat lunak dengan pencapaian kompetensi profesional mahasiswa PPL yang mana pencapaian kompetensi profesional mahasiswa PPL lebih besar daripada standar. Maka hasil pembelajaran mahasiswa PPL dari program mata kuliah MTB 2 sudah baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44431

Actions (login required)

View Item View Item