Pengaruh lingkungan dan self management terhadap hasil belajar / Achmad Charis Vithon - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan dan self management terhadap hasil belajar / Achmad Charis Vithon

Vithon, Achmad Charis (2018) Pengaruh lingkungan dan self management terhadap hasil belajar / Achmad Charis Vithon. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Achmad Charis Vithon. 2018. Pengaruh Lingkungan dan Self Management terhadap Hasil Belajar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Kuncoro S.T. M.Pd (II) Drs. Eko Suwarno M.Ed. M.Pd. Kata Kunci Lingkungan Self Management Hasil Belajar Salah satu dari upaya peningkatan pendidikan yaitu dengan memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar. Hasil belajar atau evaluasi dilakukan untuk mengetahui perkembangan sampai dimana hasil yang telah dicapai oleh peserta didik dalam belajar. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar dibagi menjadi 2 yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal adalah yang berasal dari luar berupa lingkungan meliputi lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Faktor internal adalah pemahaman diri sendiri berupa pengendalian diri (self management) yang meliputi pendorongan diri (self motivation) penyusunan diri (self organization) pengendalian diri (self control) pengembangan diri (self development). Berdasarkan penelitian terdahulu menyatakan lingkungan yang baik maka akan memiliki hasil belajar yang baik pula. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh lingkungan dan self management terhadap hasil belajar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2014 Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 89 responden. Data penelitian angket/kuesioner ini digunakan untuk mengambil data lingkungan dan self management. Hasil validasi berupa angket diperoleh 59 pernyataan yang valid dari 86 pernyataan yang disebar dan reliabilitas dari variabel lingkungan sebesar 0 707 self management sebesar 0 778 yang berarti variabel lingkungan dan self management reliabel. Teknik analisis data menggunakan Software SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh lingkungan terhadap hasil belajar sebesar 14% pengaruhnya sangat rendah (2) ada pengaruh self management terhadap hasil belajar sebesar 4% pengaruhnya sangat rendah (3) ada pengaruh lingkungan dan self management terhadap hasil belajar sebesar 15 5% pengaruhnya sangat rendah. Berdasarkan uji secara parsial dan secara simultan dapat disimpulkan bahwa lingkungan dan self management berpengaruh terhadap hasil belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44425

Actions (login required)

View Item View Item