Evaluasi program pembelajaran sikap spritual (KI I) dan sikap sosial (KI II) pada Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Kediri / Meta Dwi Cahyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi program pembelajaran sikap spritual (KI I) dan sikap sosial (KI II) pada Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Kediri / Meta Dwi Cahyanti

Cahyanti, Meta Dwi (2018) Evaluasi program pembelajaran sikap spritual (KI I) dan sikap sosial (KI II) pada Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Kediri / Meta Dwi Cahyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Cahyanti Meta D. 2018. Evaluasi Program Pembelajaran Sikap Spiritual (KI-I) dan Sikap Sosial (KI-II) Program Keahlian Teknik Bangunan Di SMK Negeri 1 Kediri. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. (2) Drs. Eko Suwarno M.Pd. Kata Kunci Evaluasi Input (Kesiapan Guru Kesiapan Siswa Sarana dan Prasarana) Proccess Produk. Pendidikan merupakan salah satu bentuk untuk mewujudkan peserta didik yang berkarakter yaitu dengan diterapkannya kurikulum 2013. Dengan diterapkannya kurikulum 2013 diharapkan mampu membentuk karakter siswa sebagai upaya penguatan jati diri dalam mempersiapkan generasi bangsa menuju sukses Indonesia Emas Tahun 2025. Sehingga tujuan penelitian untuk mengevaluasi input proccess dan produk dalam pelaksanaan pembelajaran Sikap spiritual (KI-I) dan Sikap Social (KI-II) yang tercantum dalam kurikulum 2013. Sampel penelitian ini berjumlah 130 siswa dan menggunakan metode pengumpulan data berupa angket (kuisioner) yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pernyataan positif maupun negatif secara tertulis kepada responden untuk menjawab pernyataan dengan cara memberikan checklist pada setiap pernyataan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif (kuantitatif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sikap spiritual (KI-I) dan sikap social (KI-II) sudah baik. Namun pembelajaran yang dilakukan masih belum maksimal antara lain pada evaluasi input terdapat pada (1) Kurangnya minat guru untuk datang ke sekolah lebih awal (2) Guru kurang mampu mempromosikan prinsip dasar-dasar Negara (3) guru kurang berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran diluar sekolah (4) Siswa kurang bersedia untuk menerapkan 3S (Senyum Sapa Salam) kepada guru/staff sekolah (5) Tempat bermain yang tersedia masih kurang memadai. Sedangkan pada evaluasi proses pembelajaran yang dikatakan belum maksimal terdapat pada (1) Guru kurang mengajarkan siswa pentingnya membaca kitab suci dan ibadah (2) Guru kurang memberikan cerita-cerita maupun contoh yang berhubungan dengan agama (3) Guru kurang mengajarkan untuk menjaga dan menghemat sumber daya alam (4) Guru kurang menyadarkan siswa terkait lenyapnya keberagaman budaya. (5) Siswa kurang mengamalkan perintah agama kepada lingkungan sekitar (6) Siswa kurang mampu mengajak temannya beribadah bersama (7) siswa kurang menyapa/salam jika bertemu dengan guru (8) Siswa kurang mampu mengajak temannya untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44421

Actions (login required)

View Item View Item