Analisis Overall Thermal Transfer Value (OTTV) dan Roof Thermal Transfer Value (RTTV) selubung bangunan pada tiga gedung serbaguna Universitas Negeri Malang / Khusna Fitriani

Fitriani, Khusna (2018) Analisis Overall Thermal Transfer Value (OTTV) dan Roof Thermal Transfer Value (RTTV) selubung bangunan pada tiga gedung serbaguna Universitas Negeri Malang / Khusna Fitriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani, K. 2017. Analisis Overall Thermall Transfer Value (OTTV) dan Roof Thermal Transfer Value (RTTV) Selubung Bangunan Tiga Gedung Serbaguna Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Ir. Dian Ariestadi, S.T (II) Drs. Prijono Bagus Susanto, M.T. Kata kunci: OTTV, RTTV, Selubung Bangunan, Gedung Serbaguna. Gedung serbaguna bertujuan menampung banyak orang, maka kenyamanan termal dalam bangunan harus dimaksimalkan. Kenyamanan termal erat kaitannya dengan kondisi bangunan. Namun pada kenyataannya kondisi bangunan pada tiga gedung serbaguna Universitas Negeri Malang belum sepenuhnya memberikan kondisi nyaman kepada para pengguna yang dapat disebabkan oleh pemilihan material yang tidak tepat yang menyerap panas matahari dan menyebabkan suhu bangunan meningkat. Guna membuat bangunan nyaman diperlukan desain selubung yang tepat yaitu dengan membuat nilai OTTV dan RTTV sesuai yang disyaratkan oleh SNI 03-6389-2000. Penelitian ini dilakukan pada tiga gedung serbaguna Universitas Negeri Malang dengan meninjau besarnya nilai OTTV dan RTTV selubung bangunan. Data yang digunakan berupa perhitungan nilai OTTV dan RTTV. Hasil penelitian menunjukkan gedung Graha Cakrawala memiliki nilai OTTV paling kecil sebesar 22,79 dan RTTV paling kecil sebesar 5,41 〖Watt/m〗^2. Nilai OTTV dan RTTV ketiga gedung serbaguna UM sudah memenuhi SNI dan nilai OTTV dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain angka absorptansi radiasi matahari (α), transmitansi termal dinding tak tembus cahaya (U_w), WWR (wall window rasio), nilai shading coefficient (SC), nilai faktor radiasi matahari (SF) dan nilai termal fenestrasi (U_f), sedangkan untuk RTTV dipengaruhi oleh faktor-faktor yaitu absorptansi radiasi matahari (α), luas atap yang tidak tembus cahaya (A_r), beda temperature ekuivalen (TD_Ek) dan transmitansi termal atap tak tembus cahaya 〖(U〗_r).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44419

Actions (login required)

View Item View Item