Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Pembelajaran Drill pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di Sekolah Menengah Kejuruan 1 Singosari / Juli Fadli

Fadli, Juli (2018) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Pembelajaran Drill pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di Sekolah Menengah Kejuruan 1 Singosari / Juli Fadli. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fadli, Juli. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Pembelajaran Drill pada Mata Pelajaran Gambar Teknik di Sekolah Menengah Kejuruan 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd (II). Drs. Made Wena, M.Pd., M.T Kata Kunci : Metode Drill, Hasil Belajar Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari, dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Geo 1. Dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Gambar Teknik, hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang bersifat konvesional yakni lebih terpusat pada guru, sedangkan peserta didik sebagai objek penerima. Dalam pembelajaran tersebut peserta didik hanya mendengarkan dan melaksanakan apa yang menjadi arahan dari guru, akibatnya hasil belajar peserta didik tidak sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran dengan metode drill dengan materi mengetahui bagian-bagian kusen pintu dan jendela. Penerapan metode drill pada mata pelajaran Gambar Teknik untuk meningkatkan hasil belajar siswa, diperoleh data dari hasil tes tulis dan lembar observasi, dan observasi penerapan metode pembelajaran drill. Data tersebut dianalisis lalu dibahas dan diambil satu kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Geo 1 SMK N 1 Singosari. Dari hasil belajar pra-tindakan sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan pada pra-tindakan pre-test, mencapai 51,05%, dan naik pada siklus I mencapai 75,78%, dan mengalami peningkatan lagi menjadi 82,76% pada siklus II. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Geo 1 SMK N 1 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44417

Actions (login required)

View Item View Item