Pengembangan bahan ajar statika berbasis metode pemecahan masalah untuk SMK kels X Teknik Gambar Bangunan / Muhammad Agus Faizal - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar statika berbasis metode pemecahan masalah untuk SMK kels X Teknik Gambar Bangunan / Muhammad Agus Faizal

Faizal, Muhammad Agus (2018) Pengembangan bahan ajar statika berbasis metode pemecahan masalah untuk SMK kels X Teknik Gambar Bangunan / Muhammad Agus Faizal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Faizalagus Muhammad. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Statika Berbasis Metode Pemecahan Masalah Untuk Smk Kelas X Teknik Gambar Bangunan . Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. (II) Dr. H. Tri Kuncoro S.T. M.Pd. Kata Kunci Bahan Ajar Statika Pemecahan Masalah SMK Statika merupakan salah satu mata pelajaran produktif yang ada di SMK Negeri 11 Malang. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti dengan guru statika saat pembelajaran di kelas X TGB SMK Negeri 11 Malang menunjukan bahwa (1) pelajaran statika merupakan pelajaran yang belum dikuasai sepenuhnya oleh siswa (2) siswa sering merasa jenuh dan bosan ketika pembelajaran berlangsung (3) guru kesulitan menumbuhkan respon siswa terhadap pembelajaran. Oleh karena itu untuk memecahkan masalah tersebut maka pengembangan bahan ajar matapelajaran Statika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matapelajaran Statika sebagai pegangan guru dalam memberikan pelajaran di kelas dengan menggunakan metode pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan pengembangan yang bertujuan menghasilkan bahan ajar matapelajaran Statika SMK Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan dengan menggunakan metode berbasis pemecahan masalah. Subyek penelitian ini adalah (1)(satu) ahli media (2)(dua) guru pengajar dan (10)(sepuluh siswa). Instrument yang digunakan penelitian adalah lembar penilaian bahan ajar lembar penilaian media ajar dan lembar keterbacaan siswa. Jenis data yang diperoleh untuk menyempurnakan bahan ajar hasil pengembangan bersifat kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian ini menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar matapelajaran Statika untuk SMK Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan. Perangkat bahan ajar ini terdiri dari bahan ajar rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja/job sheet. Berdasarkan uji validitas bahan ajar ini dinyatakan valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44416

Actions (login required)

View Item View Item