Meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran menggambar dengan perangkat lunak dengan penerapan model pembelajaran discovery learning / Juan Carlos

Carlos, Juan (2018) Meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran menggambar dengan perangkat lunak dengan penerapan model pembelajaran discovery learning / Juan Carlos. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Carlos Juan. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak (AutoCad) Siswa Kelas XI Program keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK N 6 Malang Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Tri Kuncoro S.T. M.Pd (II). Drs. Made Wena M.Pd. M.T Kata Kunci Discovery Learning Hasil Belajar Pelaksanaan tindakan kelas yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI TGB I. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak (MDPL). Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang masih belum optimal yakni lebih terpusat pada guru sedangkan peserta didik sebagai objek penerima. Dalam pembelajaran tersebut peserta didik hanya mendengarkan dan melaksanakan apa yang menjadi arahan dari guru akibatnya hasil belajar peserta didik tidak sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak (MDPL) dengan materi menjalankan perintah dasar pada Autocad yakni menu draw dan modify melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning.. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TGB I SMK N 6 Malang. Dari hasil belajar pra-tindakan sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Presentase ketuntasan pada pra-tindakan pre-test mencapai 55 17% dan naik pada siklus I mencapai 79 31% dari hasil belajar siswa menggambar menggunakan tool draw pada Autocad dan mengalami peningkatan lagi menjadi 96 55% pada siklus II. Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TGB I SMK N 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44411

Actions (login required)

View Item View Item