Pengaruh pembelajaran sistem blok terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknikl Gambar Bangunan di SMKN 1 Blitar / Try Adi Adha

Adha, Try Adi (2018) Pengaruh pembelajaran sistem blok terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknikl Gambar Bangunan di SMKN 1 Blitar / Try Adi Adha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Adha, Try Adi. 2017. Pengaruh Pembelajaran Sistem Blok terhadap Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 Biltar. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Ir. H. Sudomo, M.MT. (II) Drs. Eko Setyawan, S.T., M.T. Kata kunci: Pembelajaran Sistem Blok, Prestasi Belajar Siswa Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, perlu didukung oleh penjadwalan pembelajaran yang efektif dan efisien. Salah satu sistem penjadwalan pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran adalah sistem blok. Penerapan pembelajaran sistem blok dapat berjalan dengan baik apabila prestasi belajar siswa diperhatikan karena penerapannya secara langsung mempengaruhi prestasi belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, melalui penelitian ini ingin diketahui penerapan pembelajaran sistem blok di SMKN 1 Blitar. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini: (1) penerapan pembelajaran sistem blok di SMKN 1 Blitar, (2) prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 Blitar akibat penerapan pembelajaran sistem blok dan (3) pengaruh pembelajaran sistem blok terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 di Blitar. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial dengan variabel bebas Pembelajaran Sistem Blok dan variabel terikat Prestasi Belajar Siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X dan XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan pada Semester Genap tahun ajaran 2015-2016 di SMKN 1 Blitar. Sampel diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling sebesar 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi (rekap hasil belajar siswa) dan kuesioner (angket), sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif data dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran sistem blok di SMKN 1 Blitar dikategorikan ÔÇ£BaikÔÇØ dengan persentase 61,13%; (2) rata-rata prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan akibat penerapan pembelajaran sistem blok di kategorikan ÔÇ£BaikÔÇØ dengan persentase 79,55% dan (3) ada pengaruh yang signifikan pembelajaran sistem blok terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 Blitar (nilai Fhitung (3.962) > Ftabel (3,94)). Pembelajaran sistem blok memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 Blitar sebesar 48,1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44410

Actions (login required)

View Item View Item