Analisis dampak lalu lintas pembangunan gedung Islamic Development Bank (IDB) Universitas Negeri Malang / Abdullah Wakhid Bakhtiar

Bakhtiar, Abdullah Wakhid (2018) Analisis dampak lalu lintas pembangunan gedung Islamic Development Bank (IDB) Universitas Negeri Malang / Abdullah Wakhid Bakhtiar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Bakhtiar Abdullah Wakhid. 2017. Analisis Dampak Lalu Lintas Pembangunan Gedung Islamic Development Bank (IDB) Univeristas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Bambang Supriyanto S.T. M.T (II) Pranoto S.T. M.T. Kata Kunci analisis dampak lalu lintas gedung Islamic Development Bank (IDB) Universitas Negeri Malang Universitas Negeri Malang (UM) saat ini akan membangun gedung baru. Gedung baru yang akan dibangun tersebut adalah gedung Islamic Development Bank (IDB) yang difungsikan sebagai gedung kuliah bersama. Gedung tersebut terdiri dari 2 gedung yang setiap gedungnya terdiri dari 9 lantai dengan total luas lantai 44.917 m2. Gedung IDB UM nantinya akan digunakan oleh seluruh mahasiswa dari program D3 S1 dan Pascasarjana UM sehingga kegiatan perkuliahan mahasiswa akan terpusat digedung tersebut. Adanya gedung tersebut akan menyebabkan permasalahan pada jaringan jalan dan kebutuhan ruang parkir di UM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan ruas jalan di lingkungan gedung IDB UM pada kondisi eksisting dan pasca pembangunan mengetahui kebutuhan parkir yang tersedia di gedung IDB UM dan memberikan solusi penanganan lalu lintas di lingkungan gedung IDB UM setelah beroprasi. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan metode survey lapangan yang meliputi survey volume kendaraan yang masuk dan keluar kawasan UM survey hambatan samping dan survey geometrik jalan. Survey dilakukan selama 2 hari di 6 pintu gerbang utama UM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai derajat kejenuhan (DS) yang terdapat pada 4 ruas jalan yang dominan menuju gedung IDB pada kondisi eksisting rata-rata sebesar 0 118 ruas jalan 1 (Jalan Depan FMIPA) sebesar 0 114 ruas jalan 2 (Jalan Depan Parkir FMIPA) sebesar 0 180 ruas jalan 3 (Jalan Depan Gedung IDB) sebesar 0 166 dan ruas jalan 4 (Jalan Depan FIK) sebesar 0 012. Berdasarkan peramalan selama 5 tahun yang akan datang diperoleh pertumbuhan rata-rata jumlah mahasiswa dosen maupun karyawan Universitas Negeri Malang tiap tahunnya sebesar 5 7%. Hasil peramalan menunjukkan DS pada keempat ruas jalan tersebut meningkat menjadi ruas jalan 1 sebesar 0 151 ruas jalan 2 sebesar 0 238 ruas jalan 3 sebesar 0 220 dan ruas jalan 4 sebesar 0 017. Hasil penelitian kebutuhan parkir sepeda motor tidak memenuhi karena kebutuhan parkir melebihi kapasitas yang tersedia. Kebutuhan parkir sepeda motor sebesar 1106 SRP sedangkan kapasitas parkir sepeda motor yang tersedia sebesar 928 SRP. Kapasitas parkir mobil memenuhi karena kebutuhan parkir kurang dari kapasitas yang tersedia. Kebutuhan parkir mobil sebesar 150 SRP sedangkan kapasitas parkir mobil yang tersedia sebesar 256 SRP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44409

Actions (login required)

View Item View Item