Perbandingan kinerja filler zeolit alam dengan kapur padam dalam campuran Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) / Tamara Belgis Faradilla

Faradilla, Tamara Belgis (2018) Perbandingan kinerja filler zeolit alam dengan kapur padam dalam campuran Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC) / Tamara Belgis Faradilla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faradilla, Tamara, Belgis. 2017. Perbandingan kinerja Filler Zeolit Alam dengan Kapur Padam dalam Campuran Asphalt Concrete-Wearing Course (AC-WC). Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Bambang Supriyanto, S.T, M.T (II) Dr. Nazriati, M. Si. Kata Kunci: Zeolit Alam, Kapur Padam, Parameter Marshall Pertumbuhan volume lalu lintas meningkat seiring dengan bertambahnya beban kendaraan. Kemampuan penggunaan jalan yang tidak sesuai menyebabkan penurunan kualitas jalan yaitu jalan mudah rusak dan berlubang, maka dari itu dilakukan rencana perkerasan jalan yang efektif dan efesien. Jalan dikatakan baik jika sesuai dengan umur yang direncanakan. Kualitas jalan dipengaruhi oleh komponen penyusun yang terdiri dari aspal, agregat, dan bahan pengisi (filler). Filler yang biasa digunakan adalah semen portland, namun dalam produksinya semen PC mengeluarkan karbon dioksida sehingga berdampak pada lingukungan, selain itu harganya juga mahal. Dalam penelitian ini peneliti mencoba membandingkan filler zeolit alam dan kapur padam sebagai usaha untuk membuat konstruksi jalan yang selain tahan lama, ramah lingkungan, juga lebih ekonomis. Tujuan penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui hasil uji maarshall antara zeolit alam dan kapur padam terhadap kinerja campuran AC-WC, 2). Untuk mengetahui peranan unsur-unsur kimia filler zeolit alam dan kapur padam pada campuran ACWC terhadap hasil uji parameter Marshall. Penelitian ini menggunakan jenis campuran AC-WC dengan jumlah benda uji sebanyak 24 buah benda uji, 15 buah benda uji untuk menentukan nilai KAO dengan rencana kadar aspal 5%, 5,5%, 6%, 6,5%, 7%, dan 9 buah benda uji untuk menentukan perbandingan parameter Marshall filler. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan PC didapatkan nilai KAO sebesar 6,75%. Perbandingan parameter marshall terhadap filler PC, kapur padam, dan zeolit alam dari nilai KAO menggunakan kadar filler masing-masing 6,5% Berdasarkan hasil Penelitian yaitu: 1). Dengan menggunakan KAO 6,75% didapat uji parameter marshall nilai stabilitas filler kapur padam sebesar 1609,36 kg, nilai flow sebesar 3,07 mm, nilai VIM sebesar 4,94%, VMA sebesar 17,26%, VFA sebesar 71,34% dan nilai MQ sebesar 524,79 kg/mm, dan untuk filler zeolit alam didapatkan nilai stabilitas sebesar 1455,72 kg, nilai flow 2,77 mm, nilai VIM sebesar 3,97%, nilai VMA sebesar 16,18%, nilai VFA sebesar 75,43%, dan nilai MQ sebesar 526,16 kg/mm, 2). Peran unsur kimia pada filler kapur padam dan zeolit alam memberikan daya ikat (pozzolanic) dan penyerapan (absorpsi) pada campuran, hal itu disebabkan adanya unsur Ca, Si yang dominan yang sama terdapat pada filler portland cement (PC).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44403

Actions (login required)

View Item View Item