Pengaruh kesiapan SMK Negeri 1 Udanawu dan implementasi e-learning terhadap prestasi belajar / Deva Lathiful Ghofur

Ghofur, Deva Lathiful (2018) Pengaruh kesiapan SMK Negeri 1 Udanawu dan implementasi e-learning terhadap prestasi belajar / Deva Lathiful Ghofur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ghofur, Deva Lathiful. 2017. Pengaruh Kesiapan SMK Negeri 1 Udanawu Dan Implementasi E-Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd. (II) Drs. Eko Suwarno, M.Pd. Kata Kunci: Kesiapan E-Learning , Implementasi E-Learning, Prestasi Belajar E-learning merupakan pembelajaran yang memanfaatkan dukungan teknologi internet. Pertimbangan dalam penerapan e-learning perlu dilakukan agar dapat dirancang dengan baik dan cermat. Perlu dilakukan penelitian kesiapan elearning, agar dapat diketahui kekurangan dalam implementasi e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kesiapan e-learning, (2) mendeskripsikan pengaruh kesiapan peserta didik terhadap implementasi elearning, (3) mendeskripsikan pengaruh kesiapan peserta didik terhadap prestasi belajar (4) mendeskripsikan pengaruh implementasi e-learning terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan kuesioner. Kuesioner yang dibuat berdasarkan faktor kesiapan peserta didik, kesiapan guru, konten pembelajaran, faktor infrastruktur, faktor dukungan manajemen sekolah, faktor pengembangan diri dan implementasi e-learning. Populasi penelitian adalah kelas 12 yang berjumlah 704 siswa, kemudian diambil sampel menggunakan teknik simple random sampling diperoleh sampel berjumlah 255 siswa. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi berganda dengan bantuan program SPSS 17.0. Hasil analisis kesiapan e-learning memperoleh skor 3,05. Hasil analisis regresi sederhana, kesiapan peserta didik terhadap implementasi e-learning memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, kesiapan peserta didik terhadap prestasi belajar memperoleh nilai signifikansi 0,130 > 0,05, dan implementasi e-learning terhadap prestasi belajar memperoleh nilai signifikansi 0,468 > 0,05. Hasil analisis dengan regresi berganda diperoleh persamaan yaitu Y = 75,842 + -0,037 X1 + 0,457 X2. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan (1) tingkat kesiapan e-learning SMK Negeri 1 Udanawu termasuk dalam kategori siap namun membutuhkan peningkatan (2) terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan peserta didik terhadap implementasi e-learning (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan kesiapan peserta didik terhadap prestasi belajar (4) tidak terdapat pengaruh yang signifikan implementasi e-learning terhadap prestasi belajar. Saran yang dapat penulis berikan dari penelitian ini yaitu (1) Bagi guru supaya meningkatkan kesiapan diri sendiri dan diharapkan membantu peserta didik dalam penerapan e-learning, (2) Bagi Sekolah dapat mengadakan sosialisasi dan pelatihan sehingga implementasi e-learning dapat dilaksanakan secara maksimal, agar prestasi belajar peserta didik dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44402

Actions (login required)

View Item View Item