Penerapan pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas (outdoor study) untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran gambar interior dan eksterior bangunan kelas XI DSMKN 2 Probolinggo / Miftahul Muid

Muid, Miftahul (2018) Penerapan pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas (outdoor study) untuk meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran gambar interior dan eksterior bangunan kelas XI DSMKN 2 Probolinggo / Miftahul Muid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muid, Miftahul. 2017. Penerapan Pembelajaran di Dalam Kelas dan di Luar Kelas (Outdoor Study) untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Mata Pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan Kelas XI SMKN 2 Probolinggo. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Priyono, M.Pd. (II) Drs. Made Wena, M.Pd., M.T. Kata Kunci : Pembelajaran di Dalam Kelas, Pembelajaran di Luar Kelas dan Prestasi Belajar Dalam kegiatan belajar mengajar sering dijumpai berbagai masalah, salah satunya yaitu adanya siswa yang bosan terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Akibatnya siswa sulit memahami materi pembelajaran, dan prestasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Interior dan Eksterior Bangunan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus dan masing-masing siklus menggunakan perpaduan pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TGB-2 SMK Negeri 2 Probolinggo sebanyak 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes, observasi aktivitas siswa, observasi pelaksanaan pembelajaran dan wawancara. Pengujian soal tes sendiri menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil analisis data menyatakan (1)Rata-rata kelas pada kondisi awal yaitu 72,78, pada siklus I sebesar 84,44 dan pada siklus II mencapai 94,81. (2) Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai presentase 74,07% dan pada siklus II mencapai presentase 86,11%.(3) Keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai presentase 65% dan pada siklus II mencapai presentase 80 %.Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan perpaduan pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44401

Actions (login required)

View Item View Item