Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMKN 6 Malang / Wahyu Andika Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMKN 6 Malang / Wahyu Andika Putra

Putra, Wahyu Andika (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik di SMKN 6 Malang / Wahyu Andika Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Andika Wahyu Putra. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Pelajaran Gambar Teknik Di SMKN 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. R. M. Sugandi S.T. M.T. (II) Imam Alfianto S.T. M.T. Kata Kunci Media Pembelajaran Adobe Flash Gambar Teknik Media pembelajaran merupakan komponen yang sangat diperlukan pada proses pembelajaran sehingga materi dapat diterima dengan baik oleh siswa. Berdasarkan pengamatan oleh peneliti bahwa rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik salah satunya adalah belum memiliki wawasan mengenai gambar konstruksi dan belum menggunakannya media pembelajaran inovatif. Permasalahan yang dikaji pada penelitian dan pengembangan ini yaitu 1) bagaimana prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash 2) bagaimana keefektifan media pembelajaran berbasis adobe flash pada mata pelajaran gambar teknik Rancangan penelitian mengunakan metode penelitian pengembangan R D (Research Development). Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash meliputi menganalisis produk mengembangkan produk validasi ahli materi media dan revisi serta uji coba produk skala besar/lapangan. Sedangkan untuk melihat keefektifan media pembelajaran menggunakan Uji Paired Sample T-Test. Simpulan penelitian 1) prosedur pengembangan media pembelajaran inovatif a) menganalisis produk b) mengembangkan produk awal c) validasi ahli dan revisi dan d) siap untuk di uji coba skala besar dan revisi. Dari hasil analisis validasi ahli materiii diperoleh skor persentase 85% (sangat baik) dari validasi ahli media diperoleh skor persentase 81% (sangat baik) dan dari hasil uji skala besar diperoleh skor persentase sebesar 85% (sangat baik). 2) keefektifan media pembelajaran di uji analisis data menggunakan Uji Paired Sample T-Test memperoleh nilai Sig. (2- Tailed) 0 05. Maka disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis adobe flash efektif digunakan dengan perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran gambar teknik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44387

Actions (login required)

View Item View Item