Pengaruh model pembelajaran masyarakat belajar (learning community) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital kelas X paket Keahlian Teknik Gambar bangunan SMK Negeri 6 Malang / Dika Pramono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran masyarakat belajar (learning community) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital kelas X paket Keahlian Teknik Gambar bangunan SMK Negeri 6 Malang / Dika Pramono

Pramono, Dika (2017) Pengaruh model pembelajaran masyarakat belajar (learning community) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital kelas X paket Keahlian Teknik Gambar bangunan SMK Negeri 6 Malang / Dika Pramono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramono Dika. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Masyarakat Belajar (Learning Community) terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd (II) Dr. R. M. Sugandi S.T. M.T Kata Kunci learning community prestasi belajar simulasi digital Sumber belajar memegang peran penting dalam suatu proses pembelajaran yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Data perolehan nilai mata pelajaran Simulasi Digital semester gasal tahun 2016/2017 relatif rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran belajar yang belum optimal sehingga berdampak pada peningkatan kualitas hasil belajar. Penggunakan model pembelajaran learning community yang mendidik siswa untuk belajar pada ahlinya sangat cocok digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar. Selain siswa belajar disekolah siswa dapat belajar kepada masyarakat yang lebih ahli pada materi yang dipelarjari dan tidak terbatas ruang dan waktu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) prestasi belajar mata pelajaran simulasi digital menggunakan model pembelajaran learning community dan (2) perbedaan prestasi belajar antara pembelajaran menggunakan learning community dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan pada kelas X SMK Negeri 6 Malang mata pelajaran Simulasi Digital. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB 3 kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajarn learning community dan siswa kelas X TGB 2 sebagai kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data melalui tes (post-test). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah nilai menggunakan tes dan dianalisa menggunakan uji t-test. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama prestasi belajar mata pelajaran Simulasi Digital yang menggunakan model pembelajaran learning community termasuk dalam kategori baik. Kedua prestasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran learning community terhadap prestasi belajar siswa penggunaan model pembelajaran learning community terbukti meningkatkan prestasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44377

Actions (login required)

View Item View Item