Fatmala, Novi (2017) Pengaruh faktor internal dan eksternal minat dalam pemilihan program keahlian terhadap prestasi belajar konstruksi bangunan Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo / Novi Fatmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fatmala Novi. 2017. Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Minat Dalam Pemilihan Program Keahlian terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Kontruksi Bangunan di SMK Negeri 2 Probolinggo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. M. Sugandi S.T. M.T. (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata Kunci Faktor Internal dan Eksternal Minat Dalam Pemilihan Progeam Keahlian Prestasi Belajar. Faktor internal dan eksternal minat dalam pemilihan program keahlian mempengaruhi prestasi belajar. Faktor internal merupakan faktor-faktor yang berasal dari dalam diri siswa berupa siswa memilih program keahlian atas dorongan diri sendiri. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar meliputi lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.Mata pelajaran Kontruksi Bangunan adalah Mata pelajaran produktif atau mata pelajaran kejuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal minat dalam pemilihan program keahlian yang di duga mempengaruhi prestasi belajar Mata Pelajaran Kontruksi Bangunan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa angket/kuesioner yang dibagikan kepada 79 responden. Data penelitian angket/kuesioner ini digunakan untuk meneliti faktor internal dan eksternal minat dalam pemilihan program keahlian terhadap prestasi belajar mata pelajaran kontruksi bangunan. Hasil validasi berupa angket diperoleh 33 pernyataan yang valid dari 33 pernyataan yang disebar dan reliabilitas dari variabel faktor internal minat sebesar 0 758 dan variabel faktor eksternal minat sebesar 0 767 yang berarti reliabel. Teknik analisis data dimulai dari tabulasi (scoring) data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan selanjutnya diuji hipotesis menggunakan Software SPSS For Windows Versi 22. Hasil analisis data diperoleh (1) faktor internal minat diperoleh ratarata 72% termasuk kedalam criteria cukup tinggi dengan indikator individu memilih atau berpartisipasi dalam aktivitas skor tertinggi (77%). Sedangkan (2) faktor eksternal minat diperoleh rata-rata 80% termasuk kedalam kriteria cukup tinggidengan indikator memilih program keahlian berdasarkan dorongan keluarga (85%) dalam kriteria baik. dapat disimpulkan bahwa berdasarkan uji determinasi simultan dan uji hipotesis didapatkan bahwa faktor internal dan eksternal minat dalam pemilihan program keahlian terhadap prestasi belajar mata pelajaran kontruksi bangunan berpengaruh sebesar 16 7%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44375 |
Actions (login required)
View Item |