Meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa mata pelajaran Konstruksi Bangunan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Muhammad Akmal - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa mata pelajaran Konstruksi Bangunan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Muhammad Akmal

Akmal, Muhammad (2017) Meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa mata pelajaran Konstruksi Bangunan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Muhammad Akmal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Akmal Muhammad. 2017. Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Belajar Siswa Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan (TGB) SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata Kunci Student Teams Achievement Division Prestasi Belajar Keaktifan Belajar. Student Teams Achievement Division (STAD) adalah suatu model tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana yang memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar dalam tim yang beranggotakan 4-5 orang yang merupakan cmpuran menurut tingkat kinerjanya jenis kelamin dan suku. Guru menyajikan pelajaran kemudian siswa bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan pendekatan Cooperatif Learning yang menekankan pada aktivitas dan memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi belajar yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut perencanaan tindakan pengamatan dan refkleksi. Data diperoleh dari hasil tes tulis lembar observasi aktivitas siswa wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk (I) Meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (2) Meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan (1) Prestasi belajar siswa pada siklus I dengan presentase sebesar 70% dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 dari 30 siswa sementara pada siklus II menjadi 83 33% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 dari 30 siswa. (2) Keaktifan belajar siswa pada siklus I memiliki presentase sebesar 76% dan meningkat pada siklus II menjadi 85 33%. Hasil tersebut dapat disumpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Singosari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44372

Actions (login required)

View Item View Item