Haikal, Muhammad (2017) Penggunaan media video tutorial autocad dalam mata pelajaran gambar teknik, untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Konstruksi Batu dan Beton di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari / Muhammad Haikal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
1 ABSTRAK Haikal Muhammad. 2017. Penggunaan Media Video Tutorial Autocad dalam Mata Pelajaran Gambar Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Konstruksi Batu dan Beton di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (S1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Priyono M.Pd. (II) Drs. Eko Suwarno M.Pd. Kata Kunci Prestasi belajar Media Pembelajaran Video Tutorial Autocad. Berdasarkan hasil observasi awal. Media pembelajaran yang selama ini digunakan saat menyampaikan materi dalam pembelajaran mata pelajaran Gambar Teknik masih telihat kurang komunikatif seperti misalnya pengguaan handout yang terkadang susah untuk dipahami oleh siswa. Sehingga terkadang membuat siswa monoton dan menyebabkan hasil belajar yang kurang maksimal. Dalam mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu bentuk media pembelajaran yang lebih efektif yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Visualisasi lewat media pembelajaran menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengkonkritkan sesuatu yang abstrak. Pengajaran melalui audio-visual adalah produksi dan penggunaan materi yang penyerapannya melalui pandangan dan pendengaran sehingga media ini dapat menambah pemahaman siswa dalam belajar karena siswa dapat menyimak sekaligus melihat gambar. Media Audio visual dapat menyajikan informasi memaparkan proses menjelaskan konsep-konsep yang rumit mengajarkan keterampilan mengefektifkan waktu belajar dan mempengaruhi sikap. Oleh karena itu Media video tutorial bisa menjadi solusi pada permasalahan ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik melalui penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial Autocad. Dilaksanakan dikelas X TKBB 2 SMK Negeri 1 Singosari. Pengumpulan data hasil belajar diperoleh dari pre-test dan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Media Video Tutorial Autocad ini maka dilakukan observasi. Kelayakan media video Tutorial diperoleh dari validasi ahli media. Paparan data dilakukan dengan penyajian data dalam bentuk uaraian singkat bagan dan grafik. Media video Tutorial yang dirancang memerlukan tahapan-tahapan yang harus dilakukan dari mulai pengumpulan informasi membuat desain awal produk melakukan validasi sampai terciptanya produk akhir. Dalam pembuatan produk media video harus disesuaikan dengan kompetensi materi ajar menggunakan bahasa yang efektif dan mudah dimengerti. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi Prestasi belajar pada siklus I memiliki persentase sebesar 87 88% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 29 dari 32 siswa dan meningkat pada siklus II menjadi 90 91% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 30 dari 32 siswa. Sedangkan tingkat persentase terlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 87 50% dan tingkat keterlaksanaan pembelajaran pada siklus II sebesar 93 06%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran Video Tutorial Autocad dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X TKBB 2 di SMK Negeri 1 Singosari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44369 |
Actions (login required)
View Item |