Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan di SMK N 1 Singosari / Nedelwindo Adu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan di SMK N 1 Singosari / Nedelwindo Adu

Adu, Nedelwindo (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan di SMK N 1 Singosari / Nedelwindo Adu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Adu Nedelwindo. 2017. Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Melaui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan di SMK N 1 Singosari. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs.Eko Suwarno M.Pd. (II) Drs.Made Wena M.Pd. M.T. Kata Kunci Student Team Achivement Division (STAD) Minat Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) minat belajar dan prestasi belajar siswa kelas X TKBB 2 SMK Negeri 1 Singosari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Risearch) yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut perencanaan tindakan pengamatan refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan tahapan penyajian materi pembelajaran kelompok kuis penghargaan kelompok dan evaluasi dapat terlaksana dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari refleksi yang dilakukan disetiap akhir siklus pembelajaran untuk mengetahui permasalahan yang ditemui pada siklus I dan untuk melakukan upaya perbaikan pada siklus selanjutnya. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I sebesar 52.27% dan siklus II menjadi 88.63%. (2) minat belajar siswa 68.18% pada siklus I meningkat menjadi 86.36% pada siklus II. (3) prestasi belajar siswa pada pre-test pra-siklus sebesar 56.25% lalu meningkat menjadi 71.88% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 84.38% di siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44368

Actions (login required)

View Item View Item