Upaya meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan dengan menggunakan metode demonstrasi / Melkianus Wombrisauw - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan dengan menggunakan metode demonstrasi / Melkianus Wombrisauw

Wombrisauw, Melkianus (2017) Upaya meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan dengan menggunakan metode demonstrasi / Melkianus Wombrisauw. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wombrisauw Melkianus. 2017. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Peserta Didik dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa kelas X TGB 3 SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (SI) Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Boedi Rahardjo M.Pd. M.T. Pembimbing (II) Drs. Eko Suwarno M.Pd M.T. Kata Kunci Prestasi belajar Keaktifan Metode Demonstrasi Model pembelajaran yang baik adalah model yang bisa mengoptimalkan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga siswa lebih aktif dan mampu mencapai hasil belajar yang optimal. SMKN 6 Malang sebelumnya menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran demikian kurang melibatkan peserta didik secara aktif. Salah satu metode pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dan melatih diri siswa mengkonstruksikan pengetahuan sendiri adalah metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pemebelajaran demonstrasi dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan penelitian ini diharapkan menambah ilmu dan wawasan tentang metode pembelajaran khususnya pembelajaran demonstrasi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus sebelum siklus I dan siklus II dilaksakan terlebih dahulu melakukan wawancara dan pengambilan data awal setelah itu melakukan siklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TGB3 SMKN 6 Malang pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi wawancara test hasil belajar catatan lapangan dan dokumentasi. . Analisis data dalam penelitian ini yaitu data yang bersifat kualitatif secara keseluruan ditelaah dan dianalisis untuk kemudian ditarik kesimpulan sedangkan data yang bersifat kuantitatif dilakukan analisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas menunjukkan peningkatan terbukti dari peningkatan keaktifan siswa selama dilakukan tindakan dan dari peningkatan hasil belajar. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode domonstrasi pada siklus I diperoleh persentase keterlaksanaan sebesar 63 63% dan meningkat pada siklus II sebesar 87 87 Prestasi belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada siklusi I diperoleh persentase sebesar 60 42% dan meningkatan pada siklus II menjadi 81 25. 3) Prestasi belajar siswa dengan penerapan model metode demonstrasi pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 62 85% dan pada siklus II meningkat menjadi 94 28%. Pada siklus II ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai melampaui ketuntasan belajar yang ditentukan sekolah yaitu sebesar 75%. Jadi kesimpulan dari penelitian adalah motode pembelajaran demostrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TGB3 SMKN 6 Malang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44366

Actions (login required)

View Item View Item