Evaluasi pembelajaran prakerin kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Novita - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pembelajaran prakerin kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Novita

Novita (2017) Evaluasi pembelajaran prakerin kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di SMKN 1 Jenangan Ponorogo / Novita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novita. 2017. Evaluasi Pembelajaran Prakerin Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd (II) Drs. Mujiyono M.Pd. Kata Kunci evaluasi pembelajaran praktik kerja industri Praktik kerja industri merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan di sekolah kejuruan. Pelaksanaan pembelajaran prakerin yang baik akan mengoptimalkan pengalaman siswa terhadap suasana di dunia industri. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengevaluasi pembelajaran prakerin siswa meliputi input proses dan produk pelaksanaan pembelajaran prakerin pada Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMKN 1 Jenangan Ponorogo. Rancangan penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Objek penelitian adalah mata pelajaran praktik kerja industri kelas XI Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan. Subjek penelitian adalah 83 siswa prakerin Teknik Gambar Bangunan tahun pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan pendekatan stake (countenance). Hasil analisis data tersebut diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut (1) input pelaksanaan praktik kerja industri siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan tahun pelajaran 2016/2017 dilihat dari kesiapan siswa kesiapan guru pembimbing kesiapan instruktur lapangan dan kesiapan sarana prasarana termasuk dalam kategori baik namun masih ada sedikit kelemahan pada kesiapan sarana dan prasarana (2) Proses pelaksanaan pembelajaran praktik kerja industri siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan tahun pelajaran 2016/2017 dilihat dari proses pembelajaran oleh siswa guru pembimbing dan instruktur lapangan masuk kategori baik dan (3) Produk pelaksanaan pembelajaran praktik kerja industri siswa kelas XI program Keahlian Teknik Gambar Bangunan Ponorogo tahun pelajaran 2016/2017 dilihat dari hasil capaian tujuan prakerin adalah masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44364

Actions (login required)

View Item View Item