Hubungan kemampuan visual spasial dengan prestasi belajar matakuliah menggambar teknik pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan / Vivi Nur Laili - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan kemampuan visual spasial dengan prestasi belajar matakuliah menggambar teknik pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan / Vivi Nur Laili

Laili, Vivi Nur (2017) Hubungan kemampuan visual spasial dengan prestasi belajar matakuliah menggambar teknik pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan / Vivi Nur Laili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laili Vivi Nur. 2017. Hubungan Kemampuan Visual Spasial dengan Prestasi Belajar Matakuliah Menggambar Teknik Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Dian Ariestadi M.T. (II) Drs. Antelas Eka Winahyo M. Pd. Kata Kunci kemampuan visual spasial prestasi belajar menggambar teknik Pentingnya kemampuan visual spasial terbukti mempengaruhi kemampuan siswa dalam pemecahan masalah geometri atau keruangan bidang matematika dan berpengaruh pada kualitas gambar bentuk molekul pada bidang kimia. Dalam bidang gambar tentunya sangat penting terutama gambar teknik yang didalamnya terdapat unsur variabel kemampuan visual spasial yaitu geometri isometri perspektif dan bidang yang secara keseluruhan termasuk kedalam konsep keruangan. Makin meningkat kemampuan visual spasial mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menggambar yang tentunya akan berpengaruh pada prestasi akademik. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan visual spasial dengan prestasi belajar matakuliah menggambar teknik pada program studi Pendidikan Teknik Bangunan di Universitas Negeri Malang. Data penelitian digali dengan menggunakan tes kemampuan visual spasial pada mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan yang Menempuh Matakuliah Menggambar Teknik Bangunan Semester Gasal Tahun 2016/2017. Rancangan penelitian ini adalah metode deskriptif kolerasional dengan data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan dan telah menempuh mata kuliah Menggambar Teknik Bangunan 1 di semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan visual spasial dengan soal pilihan ganda yang didasarkan pada lima teori Peter Herbert Maier yaitu Spatial Perception Visualization Mental Rotation Spatial Relations dan Spatial Orientations. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diperoleh tiga kesimpulan sebagai berikut (1) Kemampuan Visual Spasial mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan termasuk dalam kriteria rendah dengan hasil rerata 56% Berdasarkan analisis indikator kemampuan visual spasial rata-rata tertinggi terdapat pada sub variabel Visualization dan perolehan rata-rata terendah terdapat pada sub variabel Spatial Orientation (2) Prestasi Belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan pada matakuliah Menggambar Teknik Bangunan 1 tergolong dalam kategori rendah dengan rata-rata 44% (3) Hubungan Kemampuan Visual Spasial dengan Prestasi Belajar Matakuliah Menggambar Teknik Program Pendidikan Teknik Bangunan mendapati hubungan yang positif dan signifikan dengan taraf signifikasi p sebesar 0 000 0 05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44358

Actions (login required)

View Item View Item