Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi dan eksperimen pada mata diklat (IUT) Ilmu Ukur Tanah SMK Nasional Malang / T. Misra - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi dan eksperimen pada mata diklat (IUT) Ilmu Ukur Tanah SMK Nasional Malang / T. Misra

Misra, T. (2017) Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi dan eksperimen pada mata diklat (IUT) Ilmu Ukur Tanah SMK Nasional Malang / T. Misra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Misra T . 2017. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi dan Eksperimen Pada Mata Diklat (IUT) Ilmu Ukur Tanah SMK Nasional Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1)Drs. Made Wena M.Pd. M.T (II)Drs. Priyono M.Pd Kata Kunci Demonstrasi dan Eksperimen Prestasi Belajar Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dalam penelitian pendahuluan dengan guru mata diklat Ilmu Ukur Tanah kelas X TGB SMK Nasional Malang diperoleh data prestasi belajar siswa rendah. Hal ini tampak dari hasil pra tindakan yang diberikan pada siswa. Dari 31 siswa yang mengikuti pra tindakan terdapat 12 (38 70%) siswa belum tuntas sedangkan yang tuntas 19 siswa (61 29%). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapan metode Demonsrasi dan Eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas data penelitian di peroleh dari hasil post-test dan tes keterampilan serta lembar observasi kegiatan guru dengan penerapan metode Demonstasi dan Eksperimen.data tersebut dianalisis lalu dibahas dan pada akhirnya dapat diambil satu kesimpulan. Penerapan metode Demonstrasi dan Eksperimen memiliki tujuh tahapan yaitu (1) memulai demonstrasi denganseksama (2) menyampaikan pokok pokok materi (3) pada waktu guru mendemonstrasikan guru sesekali memerhatikan siswa (4) membeikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif mengajukan pertanyaan (5) siswa melakukan ekseperimen (6) guru memberi bantuan atau dorongan terhadap kesulitan yang dihadapi oleh siswa (7) selama pelaksanaan tindakan guru memperhatikan situasi secara keseluruhan apakan ada kendala sehingga bisa diatasi atau dihindari sedini mungkin. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode Demonstrasi dan Eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti setelah dilakukan nya penerapan metode Demonstrasi dan Eksperimen di kelas X SMK Nasional Malang terus mengalami peningkata sebagai berikut saat dilakukan pra-tindakan masih rendah dan terus mengalami peningkatan pada setiap siklus nya (siklus I dan siklus II ) presentase prestasi belajar siswa saat pra-tindakan sebesar 61 29% mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan siklus I sebesar 81 23% dan kembali meningkat setelah dilakukan tindakan siklus II sebesar 87 88%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44357

Actions (login required)

View Item View Item