Strategi pembelajaran model pelatihan (training model) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Ilmu Ukur Tanah di SMK 6 Malang / Sahril - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi pembelajaran model pelatihan (training model) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Ilmu Ukur Tanah di SMK 6 Malang / Sahril

Sahril (2017) Strategi pembelajaran model pelatihan (training model) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Ilmu Ukur Tanah di SMK 6 Malang / Sahril. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sahril. 2017. Strategi Pembelajaran Model Pelatihan (Training Model) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Ilmu Ukur Tanah di SMKN 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Made Wena M.Pd. M. T (II) Drs. Priyono M.Pd Kata Kunci Strategi Pembelajaran Model Pelatihan (Training Model) Berdasarkan pengamatan peneliti saat melakukan kegiatan KPL dan KKN serta didukung oleh informasi dari guru dan siswa bahwa mata pelajaran ilmu ukur tanah adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ini masih rendah. Pembelajaran model pelatihan training model merupakan salah satu model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. model pembelajaran ini bersifat khusus karena dikembangkan untuk pembelajaran kusus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran model pelatihan training model pada mata pelajaran ilmu ukur tanah. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuaruan Negeri 6 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas X TGB4 (Teknik Gambar Bangunan) 4 pada mata diklat ilmu ukur tanah semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi guru untuk mengamati kesesuaian aktivitas guru dengan tahapan pembelajaran model pelatihan dan instrumen tes untuk mengukur hasil belajar ilmu ukur tanah siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian (1) Tahapan pembelajaran training model dibagi dalam tiga tahapan kegiatan kegiatan awal (salam presensi apersepsi menyampaikan indikator mereview materi sebelumnya) kegiatan inti (membentuk kelompok memberikan bahan ajar belajar kelompok memaparkan hasil kerja kelompok Guru memberikan Skor dan penghargaan kelompok pengajaran materi post-test dan kegiatan penutup (refleksi guru menyampaikan pesan salam penutup) dengan persentase keberhasilan pembelajaran model pelatihan training model pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 86.11% jadi terdapat peningkatan keberhasilan strategi pembelajaran model pelatihan training model antara siklus I dengan siklus II sebesar 11.11%. (2) persentase peningkatan hasil belajar ilmu ukur tanah setelah diterapkan model pembelajaran training model dengan siswa yang mengikuti tindakan berjumlah 36 siswa pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 75% dan siklus II sebesar 86.11% jadi terdapat peningkatan hasil belajar setelah di lakukan model pembelajaran model pelatihan training model antara siklus I dengan siklus II sebesar 11.11%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44356

Actions (login required)

View Item View Item