Pengaruh metode tugas mandiri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran autocad program keahlian teknik gambar bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Boyolangu / Anton Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode tugas mandiri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran autocad program keahlian teknik gambar bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Boyolangu / Anton Wibowo

Wibowo, Anton (2017) Pengaruh metode tugas mandiri terhadap hasil belajar pada mata pelajaran autocad program keahlian teknik gambar bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Boyolangu / Anton Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Anton.2017. PengaruhMetodeTugasMandiriTerhadapHasilBelajarPada Mata Pelajaran AutoCAD Program KeahlianTeknikGambarBangunan Di SekolahMenengahKejuruanNegeri 3 Boyolangu.Pembimbing (I) Drs. Mujiyono M.Pd. (II) Drs. AntelasEkaWinahyo M.Pd. Kata Kunci tugasmandiri hasilbelajar autoCAD Salah satumetodepembelajaranadalahmetodetugasmandiri.TugasmandiripadamatapelajaranautoCADmerupakantugas yang bertujuanuntukmenambahwaktubelajarsiswadenganmelakukanlatihan-latihanselamamengerjakantugas sehinggapenguasaansiswaterhadapmateripelajarandiharapkandapatbertambah.Di SMK Negeri 3 Boyolanguuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswaprogram keahlianTeknikGambarBangunan (TGB)belumpernahditerapkanmetodetugasmandiri.Berdasarkanhaltersebut makaperlupenelitianmengenaipengaruhmetodetugasmandiriterhadaphasilbelajarpadamatapelajaranautoCAD.Tujuanya untukmengetahuipengaruhmetodetugasmandiriterhadaphasilbelajarpadamatapelajaranautoCADsehinggametodepembelajaran yang diterapkanbenar-benarbermanfaatbagisiswa. Penelitianeksperimensemuinimenggunakandesainposttest only control design. Subjekdalampenelitianiniadalahsiswakelas XI TGB 1 dan XI TGB 2 di SekolahMenengahKejuruanNegeri 3 Boyolangu.Penelitianinimerupakanpenelitianpopulasikarenajumlahsampelkurangdari 100 siswa.Pengambilan data di perolehberdasarkannilaiposttest dannilaipraktik. Hasilpenelitiandiperoleh rata-rata nilaiposttest kelompokkontrol73.75dankelompokeksperimen79.46 sedangkan rata-rata nilaipraktikkelompokkontrol75.81dankelompokeksperimen81.73.Hasilsignifikansinilaiposttest 0.013 dannilaipraktik 0.000 lebihkecildarinilai alpha 5% (0.05).Kesimpulanpenelitian (1) Nilai rata-rata hasilbelajarranahkognitif siswa yang memperolehperlakuantugasmandiri lebihtinggidibandingkansiswa yang tidakmemperolehtugasmandiri (2) Nilai rata-rata hasilbelajarranahpsikomotorik siswa yang memperolehperlakuantugasmandiri lebihtinggidibandingkansiswa yang tidakmemperolehtugasmandiri (3) Terdapatpengaruh yang signifikanpemberiantugasmandiriterhadappeningkatanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranAutocad program keahlianTeknikGambarBangunan di SMK Negeri 3 Boyolangu (4) Terdapatpeningkatanaktifitasinteraksiantarasiswadansiswa siswadan guru sertapeningkatankemampuansiswadalammenyelesaiantugas-tugasmatapelajaranautoCAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44347

Actions (login required)

View Item View Item