Meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK 6 Malang melaqlui implementasi metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) / Renny Harianthy - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK 6 Malang melaqlui implementasi metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) / Renny Harianthy

Harianthy, Renny (2017) Meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK 6 Malang melaqlui implementasi metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) / Renny Harianthy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Harianthy Renny. 2017. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang Melalui Implementasi Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T. (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata kunci Metode TGT Prestasi belajar Konstruksi bangunan. Latar penelitian ini adalah prestasi belajar siswa banyak yang kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kelemahan tersebut diduga karena proses pembelajaran dikelas yang kurang menarik sehingga perlu adanya inovasi pembelajaran salah satu metode pembelajaran yang dipilih dan sesuai analisis adalah metode pembelajaran Teams games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penerapan metode pembelajaran TGT pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TGB 4 SMK Negeri 6 Malang. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti guru kelas dan melibatkan partisipasi siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB 4 SMK Negeri 6 Malang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan berupa (a) observasi (b) wawancara (c) tes dan (d) dokumentasi. Prosedur penelitian meliputi tahap (a) perencanaan tindakan (b) pelaksanaan tindakan (c) observasi dan (d) refleksi dan analisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 63 6% siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76 96. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 90 9% siswa dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81 84. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa akan materi yang telah diberikan oleh guru mengalami peningkatan dengan adanya penerapan metode pembelajaran TGT. Berdasarkan data siklus I dan siklus II diperoleh hasil belajar yang selalu mengalami peningkatan. Metode pembelajaran TGT berdampak positif terhadap kegiatan pembelajaran Konstruksi Bangunan. Hal ini terbukti pada peningkatan peran serta siswa pada pembelajaran dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44345

Actions (login required)

View Item View Item