Meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang menggunakan metode pembelajaran trade a problem / Anjelia Natari - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang menggunakan metode pembelajaran trade a problem / Anjelia Natari

Natari, Anjelia (2017) Meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang menggunakan metode pembelajaran trade a problem / Anjelia Natari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Natari Anjelia. 2017. Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Kelas X Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang Menggunakan Metode Pembelajaran Trade a Problem. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. R. M. Sugandi S.T. M.T. (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata Kunci Trade a Problem Minat Belajar Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya minat dan prestasi belajar siswa. Beberapa hal yang menjadi masalah dalam proses pembelajaran jika dilihat dari minat siswa antara lain 1) kurangnya perhatian siswa selama proses pembelajaran 2) pembelajaran terpusat pada guru 3) metode pembelajaran belum sesuai. Sedangkan pada prestasi belajar terdapat 57 14% siswa yang memiliki nilai tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan model Hopkins yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Melalui penelitian ini diharapkan memperoleh cara yang tepat untuk perbaikan mutu pembelajaran Konstruksi Bangunan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai. Oleh sebab itu dalam upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa maka metode pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Trade a Problem. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase minat belajar yang diperoleh dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 8 72% sedangkan persentase prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 34 28%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah meningkatnya minat dan prestasi belajar siswa kelas X TGB 1 SMK Negeri 6 Malang menggunakan metode pembelajaran Trade a Problem. ABSTRACT Natari Anjelia. 2017.Increasing the Interest of Student Learning and Achievements on Building Consruction Subject in Grade X Building Drawing Engineering Program at State Vocational High School 6 Malang with Trade a Problem Method. Skripsi Civil Engineering faculty of Engineering State University of Malang. Lecturer (I) Dr. R. M. Sugandi S.T. M.T. (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Keywords trade a problem interest learning learning achievements This study based on a problem with lack of interest and student learning achievements. Several things at issue in learning process as follows 1) Lack of attention student for learning 2) learning with focused on the teachers 3) the learning method used is not suitable. While in learning achievements there are 57 14 % of students doesn t reach the passing grade standart. So The purpose of this study is to increase the interest and student learning achievements . This study use the hopkins model which is have four steps planning the implementation observation and reflection. On this research we expected that can get right method to increase the quality of learning on construction of buildings with the suitable method. Therefore in order to increase the interest of learning and increase student learning achievements the method that used in this case is a trade a problem method. The results of the research showed that the percentage interest learning obtained from the cycle I to cycle II increased by 8 72 % while the percentage student learning achievements from the cycle I to cycle II increased by 34 28 %. Conclusions from this research is with trade a problem method can increase on interest learning and student learning achievements Grade X TGB 1 SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44344

Actions (login required)

View Item View Item