Pengaruh kinerja profesional guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Melin Susanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kinerja profesional guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Melin Susanti

Susanti, Melin (2017) Pengaruh kinerja profesional guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang / Melin Susanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susanti Melin. 2017. Pengaruh Kinerja Profesional Guru Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tri Kuncoro S. T. M. Pd. (II) Drs. Eko Suwarno M. Pd. Kata Kunci Kinerja Profesional Guru Hasil Belajar Siswa Profesional guru adalah sikap yang harus dimiliki oleh semua guru dalam pembelajaran agar tercapainya suatu tujuan pendidikan. Profesional guru sangat mempengaruhi hasil belajar siswa karena guru harus dituntut menguasai materi dan mengatasi segala masalah dalam proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan seberapa besar kinerja profesional guru dan apakah terdapat pengaruh kinerja profesional guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa jurusan teknik gambar bangunan. Penelitian ini berdasarkan sifatnya merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif yang semua informasi atau data yang diperoleh analisis statistik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan kuesioner. Kuesioner yang dibuat berdasarkan instrumen profesional guru dan diberikan kepada siswa untuk menilai kinerja profesional guru dalam pembelajaran. Sedangkan dokumentasi berasal dari nilai raport siswa kelas XI mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan. Hasil analisis menunjukan bahwa kinerja profesional guru 75 3 % siswa menjawab dengan kriteria sangat tinggi dan 24 7 % menjawab kriteria tinggi. Sedangkan nilai raport siswa di atas 75 sebesar 93% dinyatakan tuntas dan hanya 7% yang tidak tuntas. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov memperoleh hasil signifikansi 0 831 0 05 maka data dinyatakan normal. Uji linearitas memperoleh signifikansi sebesar 0 941 0 05 maka terdapat hubungan yang signifikansi antara variabel bebas dan terikat. Hasil perhitungan regresi sederhana memperoleh tabel Coefficients dapat diketahui bahwa nilai signifikansi 0 000 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel bebas (kinerja profesional guru) berpengaruh terhadap variabel terikat (hasil belajar siswa). Dalam hal ini hipotesis ada pengaruh kinerja profesional guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa jurusan teknik gambar bangunan dapat diterima. Terdapat pengaruh kinerja profesional guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa yang memperoleh presentase sebesar 39 6 %. Saran yang diberikan peneliti yaitu guru diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kinerja profesional guru. Guru lebih menguasai materi struktur konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri. ABSTRACT Susanti Melin. 2017. The Influence of Teacher Professional Performance in Learning on the Student Learning Outcome in Department of Building Drawing Engineering Public Vocational High School 6 Malang. Mini Thesis Department of Civil Engineering Faculty of Engineering State University of Malang. Supervisors (I) Dr. Tri Kuncoro S. T. M. Pd. (II) Drs. Eko Suwarno M. Pd. Keywords Teacher Professional Performance Student Learning Outcome Teacher professional performance is attitude that must be owned by all teachers in learning in order to reach education goal. Teacher professional performance heavily affects student learning outcome due to teacher demanded to master learning materials and overcome any problems during the learning process. This research purpose was to know how much teacher professional performance and whether there is effect of teacher professional performance in learning to the student learning outcome in Department of Building Drawing Engineering. This research was survey research with quantitative approach where the obtained information or data will be analyzed statistically. Data collection in this research performed by documentation and questionnaire. Questionnaire in this research created based on teacher professional performance and distributed to students to assess teacher professional performance in learning. While documentation in this research come from report score of students in 11th Grade towards Building Construction Drawing subject. Analysis result showed that from distributed questionnaire about teacher professional performance 75.3% students answered with very high criteria and 24.7% students answered with high criteria. While for report score of students above 75 93% students stated as passed and only 7% who failed. Normality test by using Kolmogorov Smirnov obtained significance value of 0.831 0.05 then data stated as normal. Moreover linearity test obtained significance of 0.941 0.05 then there was significant relationship between independent and dependent variable. The result of simple linear regression obtained coefficient table which could be found that significance value of 0.000 0.05 thus it could be concluded that the independent variable (teacher professional performance) affected to dependent variable (student learning outcome). In this case hypothesis of the effect of teacher professional performance in learning to the student learning outcome in Department of Building Drawing Engineering was confirmed. There was the effect of teacher professional performance in learning to the student learning outcome that obtained percentage of 39.6%. Suggestion given by the researcher is teacher should maintain and improve teacher professional performance. Teacher should more master learning materials structure concept and knowledge thought pattern supports the taught learning and should use information and communication technology in order to self-development.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44343

Actions (login required)

View Item View Item