Mustapa, Arif (2023) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN MULTIKULTURAL TERHADAP PREVENSI RADIKALISASI MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Radikalisasi merupakan permasalahan serius diseluruh dunia, termasuk mengingkatnya jumlah mahasiswa Indonesia terlibat radikalisasi. Menyikapi persoalan tersebut, maka diperlukan upaya prevensi radikalisasi mahasiswa, salah satunya dapat dilakukan dengan pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural. Fokus penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural terhadap prevensi radikalisasi mahasiswa. Tujuan turunan penelitian ini untuk: menganalisis pengaruh pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural terhadap prevensi dimensi radikalisasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan rancangan solomon four group terhadap 80 mahasiswa di Universitas Brawijaya. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive random sampling artinya pengambilan sampel berdasarkan pada kriteria atau ciri-ciri yang telah peneliti tentukan. Data dikumpulkan melalui link google form dengan instrumen skala radikalisasi. Data dianalisis melalui ancova dengan program spss 26 for windows. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa hipotesis mayor tidak mendapatkan dukungan empiris di lapangan dimana pemberian perlakuan pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap prevensi radikalisasi mahasiswa. bahwa tidak terdapat pengaruh pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural terhadap prevensi radikalisasi mahasiswa. Berdasarkan pada temuan hipotesis minor dapat dipaparkan bahwa pemberian pendidikan Agama Islam berwawasan multikultural memberikan pengaruh pada dimensi: deprivasi relatif, persepsi ketidakadilan prosedural, perpindahan agresi, kategori sosial dan tidak berpengaruh pada dimensi: pelepasan moral dan konformitas. Berdasarkan temuan penelitian ini, Unit Pengembangan karakter mahasiswa (UPT PKM) untuk dapat mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam pengembangan kurikulum pendidikan Agama Islam. Perlu dilakukan pelatihan dosen terkait kesadaran kurikulum berbasis budaya. Penelitian kedepan perlu menghilangkan frasa idententitas politik tidak masalah dengan mengganti frasa yang lainnya serta dapat menambahkan topik tentang wasthiyah Islam dan cinta tanah air. Pemilihan sampel yang representatif, karena dapat menjelaskan keefektifan prevensi untuk populasi sasaran yang berbeda serta memperhatikan faktor budaya.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S3 Psikologi Pendidikan |
Depositing User: | mr mahasiswa UM |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 02:13 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 02:13 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4434 |
Actions (login required)
View Item |