Pengaruh pengalaman PRAKERIN, prestasi belajar mata pelajaran produktif, dan minat berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / Syarifah Nur Octavia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengalaman PRAKERIN, prestasi belajar mata pelajaran produktif, dan minat berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / Syarifah Nur Octavia

Octavia, Syarifah Nur (2017) Pengaruh pengalaman PRAKERIN, prestasi belajar mata pelajaran produktif, dan minat berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 6 Malang / Syarifah Nur Octavia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Octavia Syarifah Nur. 2017. Pengaruh Pengalaman PRAKERIN Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Minat Berwirausaha Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Gambar Bangunan SMKN 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. M. Sugandi S. T. M.T. (II) Drs. N. Bambang Revantoro S.T. M.T. Kata Kunci Pengalaman PRAKERIN Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Minat Berwirausaha Kesiapan Berwirausaha. Pengalaman PRAKERIN yang telah dilaksanakan siswa prestasi belajar mata pelajaran produktif dan minat berwirausaha siswa merupakan faktor pemicu adanya kesiapan berwirausaha siswa. Siswa yang telah melaksanakan PRAKERIN memiliki pengalaman kemampuan awal untuk melakukan wirausaha. Sedangkan prestasi belajar mata pelajaran produktif memengaruhi pengalaman PRAKERIN siswa. Berdasarkan dua variabel tersebut secara bersama-sama memengaruhi adanya minat berwirausaha. Dengan demikian kesiapan berwirausaha siswa dapat diukur melalui pengaruh ketiga variabel tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh yang ditimbulkan oleh ketiga variabel terhadap variabel kesiapan berwirausaha. Pada tahap uji coba instrumen dengan kuisioner diperoleh hasil 25 item tidak valid dan 45 item pertanyaan lainnya valid. Uji reliabilitas pengaruh pengalaman PRAKERIN prestasi belajar mata pelajaran produktif dan minat berwirausaha terhadap kesiapan berwirausaha sebesar 0 717 yang termasuk memiliki reliabilitas tinggi. Setelah memperoleh data peneliti melakukan tabulasi (skor) untuk mendeskripsikan ketiga variabel dan analisis statistik inferensial menggunakan bantuan SPSS for Windos Versi 20. Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut 1) Pengalaman PRAKERIN siswa sebesar 0 86 termasuk kriteria sangat baik. 2) Prestasi Belajar Mata Pelajaran produktif siswa sebesar 0 83 termasuk kriteria sangat baik. 3) Minat Berwirausaha siswa sebesar 0 86 termasuk kriteria sangat baik. 4) Kesiapan Berwirausaha siswa sebesar 0 88 termasuk kriteria sangat baik. 5) Pengalaman PRAKERIN Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Minat Berwirausaha secara bersama-sama memengaruhi Kesiapan Berwirausaha sebesar 0 19. ABSTRACT Octavia Syarifah Nur. 2017. The Influence of Field (Work) Practice Experience Learning Achievement on Productive Subjects and Interest on Entrepreneurship Toward Entrepreneurship Readiness of Grade XI Student Skill Competence of Drawing Engineering at State Vocational High School 6 Malang. Skripsi Department of Civil Engineering Engineering Faculty State University of Malang. Lecturer (I) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T. (II) Drs. N. Bambang Revantoro S.T. M.T. PRAKERIN experiences that have been implemented by students learning achievement of productive subjects and entrepreneurship interest of students is a factor trigger the readiness of student entrepreneurship. Students who have practiced PRAKERIN have experience of initial ability to undertake entrepreneurship. Whereas learning achievement of productive subjects influences students PRAKERIN experiences. Based on these two variables simultaneously affect the interest of entrepreneurship. Thus the readiness of student entrepreneurship can be measured through the influence of the three variables. This research includes quantitative research with descriptive approach. This study aims to determine the effect caused by the three variables on entrepreneurship readiness variables. At the test stage the instrument with the questionnaire obtained the result of 25 invalid items and 45 other question items valid. Reliability test of influence of PRAKERIN experience learning achievement of productive subjects and entrepreneurship interest in entrepreneurship readiness amounting to 0.717 which includes having high reliability. After obtaining the data the researcher performs a tabulation (score) to describe the three variables and inferential statistical analysis using SPSS for Windos Version 20 assistance. Results of data analysis were obtained as follows 1) PRAKERIN experience of students of 0.86 including criteria very well. 2) Learning achievement of students productive subjects of 0.83 including criteria very well. 3) Interest in entrepreneurship of 0.86 students including very good criteria. 4) Readiness Student entrepreneurship of 0.88 including criteria very good. 5) PRAKERIN Experience Learning Achievement of Productive Subjects and Interest in Entrepreneurship together affect entrepreneurial readiness of 0.19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44339

Actions (login required)

View Item View Item