Naimanu, Inul (2017) Penerapan metode pembelajaran tuntas (mastery learning) pada mata pelajaran gambar teknik untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB 1) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari Malang / Inul Naimanu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Naimanu Inul. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TGB.1 Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sutrisno S.T. M.Pd. (II) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata Kunci Pembelajaran Tuntas Minat belajar Hasil Belajar Gambar Teknik Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui penerapan pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) pada mata pelajaran Gambar Teknik (2) Apakah penerapan metode Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) pada mata pelajaran Gambar Teknik dapat meningkatkan Minat Belajar siswa dan (3) Apakah penerapan metode Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) pada mata pelajaran Gambar Teknik dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Risearch) yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut 1) Perencanaan 2) Tindakan 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Singosari Malang pada mata pelajaran Gambar Teknik. Subjek penelitian kelas X TGB 1 dengan jumlah 30 Siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan 1) Keterlaksanaan Penerapan Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) pada siklus I presentase sebesar 90 00% dan siklus II menjadi 100% dengan langka-langka sebagai berikut (a) Tahap Orientasi (b) Tahap Penyajian (c) Latihan Struktur (d) Latihan Terbimbing (e) Latihan Mandiri dan (f) Penutup. 2) Terjadi Peningkatan Minat Belajar pada pra-tindakan 35 83% pada siklus I 55 83% dan pada siklus II menjadi 75 00%. 3) Terjadi Peningkatan Hasil Belajar pada pra-tindakan 50 00% pada siklus I 56 67% dan pada siklus II presentase menjadi 86 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) dapat meningkatkan Minat dan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Singosari Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44332 |
Actions (login required)
View Item |