Nicodemus, Afryanto (2017) Penerapan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak / Afryanto Nicodemus. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nicodemus Afryanto. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing ( I ) Dr. R. M. Sugandi S.T. M.T. ( II ) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. Kata Kunci Project Based Learning Motivasi Belajar Prestasi Belajar. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dalam penelitian pendahuluan dengan guru mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak (MdPL) kelas XI GB 2 SMK N 6 Malang diperoleh data motivasi dan prestasi siswa rendah. Siswa cenderung kurang memiliki motivasi untuk mengikuti mata pelajaran tersebut yang menyebabkan prestasi siswa rendah. Hal ini tampak dari hasil pre-test yang diberikan kepada siswa. Dari 27 siswa yang mengikuti pre-test terdapat 22 (81.48 %) siswa yang belum tuntas sedangkan yang tuntas hanya 5 siswa (18.52 %). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran project based learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Data penelitian diperoleh dari hasil tes tulis tes keterampilan dan lembar observasi motivasi belajar siswa serta lembar observasi kegiatan guru dengan penerapan model pembelajaran project based learning. Data tersebut dianalisis lalu dibahas dan pada akhirnya dapat diambil suatu kesimpulan. Penerapan model pembelajaran project based learning dalam penelitian ini dilakukan dengan 6 tahapan yaitu (1) dimulai dengan pertanyaan esensial (2) mendesain rencana proyek (3) membuat jadwal (4) memonitor peserta didik memantau perkembangan proyek (5) menilai hasil (6) mengevaluasi pengalaman Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learnig dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI GB 2 SMK N 6 Malang. Ada peningkatan ketuntasan belajar siswa kelas XI GB 2 SMKN 6 Malang pada siklus II sebesar 48.15% dari siklus I. Peningkatan ketuntasan belajar siswa selaras dengan peningkatan motivasi belajar siswa pada siklus II sebesar 18.18% dari siklus I. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI GB 2 SMK N 6 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44329 |
Actions (login required)
View Item |