Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu ukur tanah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari Malang / Murniati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu ukur tanah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari Malang / Murniati

Murniati (2017) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu ukur tanah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari Malang / Murniati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Murniati.2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi dan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Ukur Tanah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Singosari Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (S1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Priyono M.Pd. (II) Drs. Eko Suwarno M.Pd. Kata Kunci Keaktifan Prestasi belajar Model pembeljaran Problem Based Learning (PBL) Pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berbasis masalah yang mendorong siswa menjadi aktif dan rasa ingin tahu yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah melalui penerapan model pemebalajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKBB1 SMK Negeri 1 Singosari yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus pada setiap siklus 2 kali pertemuan. Dimulai dengan tahap (1) Perencaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan (4) Refleksi. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi guru untuk mengamati kesesuaian aktivitas guru dengan tahapan pembelajaran lembar observasi siwa untuk mengamati keaktifan siswa instrumen tes untuk mengukur hasil belajar Ilmu Ukur Tanahsetelah mengikuti proses pembelajaran dan dokumentasi. Prestasi belajar diukur dengan tes setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif sajikan dan simpulan hasil siklus I dan siklus II. Hasil penelitian yang memperoleh (1) Penerapan pembelajaran (PBL) dibagi dalam tiga tahapan kegiatan kegiatan awal (salam persensi apersepsi menyampaikan tjuan pembelajaran) kegiatan inti (orientasi masalah organisasi masalah membimbing penyelidikan mengembang dan menyajikan hasil menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah). penutup (refleksi guru menyampaikan pesan salam penutup) dengan persentase keberhasilan penerapan pembelajaran pada siklus I ebesar 89 58% dan pada siklus II meningkat menjadi 97 22% jadi terdapat peningkatan. (2) Prestasi belajar pada siklus I memiliki persentase sebesar 65 52% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 19 dari 29 siswa dan meningkat pada siklus II menjadi 86 21% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 dari 29 siswa. (3) Keaktifan belajar pada siklus I memiliki persentase sebesar 68 95%dan meningkat pada siklus II menjadi 84 48%. Dengan hasil dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pe mbelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Ukur Tanah kelas X TKB.1 di SMK Negeri 1 Singosari Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44328

Actions (login required)

View Item View Item