Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Singosari / Irawan Amin

Amin, Irawan (2017) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran simulasi digital di SMK Negeri 1 Singosari / Irawan Amin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amin, Irawan. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Simulasi Digital di SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T.,M.Pd (II) Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Simulasi Digital kelas X TGB 3 SMK N 1 Singosari, terdapat motivasi dan prestasi siswa rendah. Siswa masih kurang terampil dalam memecahkan masalah saat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran dengan fokus pemecahan masalah nyata, dan menekankan pada aktivitas siswa dalam berketerampilan memecahkan masalah. Penerapan model pembelajaran ini dilakukan dengan 5 tahapan, yaitu: (1) memberikan orientasi permasalahan kepada siswa; (2) mengorganisasikan siswa untuk melakukan kajian; (3) membimbing siswa secara individu maupun kelompok; (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan; (5) menganalisis & mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa SMK Negeri 1 Singosari kelas X TGB 3 mata pelajaran Simulasi Digital. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi keterlaksanaan penerapan model pembelajaran problem based learning, lembar observasi motivasi belajar, dan tes prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran problem based learnig dapat memberi kesempatan lebih besar kepada siswa untuk menuangkan pendapatnya; (2) Persentase motivasi belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 68.18 %, dan pada siklus II menjadi 81.82 %; (3) Persentase prestasi belajar siswa terjadi peningkatan dari Persentase pra-tindakan sebesar 17.86%, siklus I sebesar 53.57% dan siklus II sebesar 85.71%. Berdasarkan kesimpulan tersebut diajukan saran yaitu: (1) kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Simulasi Digital harus selalu diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning; (2) peningkatan motivasi belajar siswa harus ditingkatkan lagi agar bersifat Student Center; (3) peningkatan prestasi belajar siswa harus dipertahankan agar selalu pada kategori baik. ABSTRACT Amin, Irawan. 2017. The Implementation of Problem Based Learning Model to Improve Students Learning Motivation and Students Learning Achievement in Grade 10th on Digital Simulation Subject at State Vocational High School 1 Singosari. Mini Thesis, Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, State University of Malang. Supervisors: (I) Dr. H. Tri Kuncoro, S.T.,M.Pd (II) Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T. Keywords: Learning Model of Problem Based Learning, Learning Motivation, Learning Achievement. Based on observation and interview result with teacher of Digital Simulation subject in Grade 10th of TGB (Building Drawing Engineering) 3 SMK N (Public Vocational High School) 1 Singosari, it was found that learning motivation and student learning achievement were still low. Students were less skilled in solving problems during the learning. The purpose of this research was to improve learning motivation and student learning achievement by the implementation of learning model of Problem Based Learning. Learning model of Problem Based Learning is a learning model focuses on solving real problems as well as emphasizes on student activity in solving problem skills. The implementation of this learning model conducted in 5 stages: (1) explaining problem orientation to students; (2) organizing students to conduct study; (3) guiding students both individually and in group; (4) developing and presenting result of work; and (5) analyzing and evaluating problem solving process. This research was Classroom Action Research. The implementation of this classroom action research conducted through two cycles, in which each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Subject in this research was students in 10th Grade of TGB 3 SMK Negeri 1 Singosari that follow Digital Simulation subject. Instrument that used in this research included data collection instrument of observation sheets of learning model implementation of Problem Based Learning, observation sheets of learning motivation, and test of learning achievement. Based on the research result, it could be concluded that: (1) the implementation of learning model of Problem Based Learning able to give larger opportunity to students in order to state their opinion; (2) There was improvement of student learning motivation from cycle I of 68.18% and cycle II of 81.82%; (3) There was improvement of student learning achievement from pre-action of 17.86%, cycle I of 53.57%, and cycle II of 85.71%. Based on the conclusion above, it can be suggested as follows: (1) learning activity towards Digital Simulation subject should always be implemented by using learning model of Problem Based Learning; (2) the improvement of student learning motivation should be more improved in order to create student-centered learning; (3) the improvement of student learning achievement should be maintained in order to always be in good category. KATA PENGANTAR Puji syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Proposal Skripsi yang berjudul ÔÇ£Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Di SMK Negeri 1 Singosari.ÔÇØ Penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan membimbing, sehingga skripsi ini dapat terselesaikan. Ucapan terimakasih ini penulis sampaikan kepada : 1.Dr. H. Andoko, ST.,MT selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. 2.Dr. Ir. Hj. B. Sri Umniati, M.T selaku ketua jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. 3.Drs. Priyono, M.Pd selaku dosen penguji 4.Dr. H. Tri Kuncoro, S.T., M.Pd selaku dosen pembimbing I 5.Drs. Made Wena, M.Pd.,M.T selaku dosen pembimbing II 6.Semua dosen pengajar dan karyawan jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. 7.M. Abdullah Fathoni selaku guru mata pelajaran Simulasi Digital yang telah memberi kesempatan, membimbing dan membantu untuk melakukan penelitian, 8.Orang Tua tercinta dan keluarga besar lainnya yang selalu memberikan motivasi dan dukungan serta doa kepada penulis demi kelancaran dalam menyelesaikan skripsi ini. 9.Teman-teman PPGT-KT (PTB 2013) yang sangat luar biasa yang selalu memberikan dukungan, bantuan, pikiran, serta semangatnya. 10.Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan skripsi ini yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih jauh dari kata sempurna, hal ini disebabkan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki penulis. Oleh karena itu dibutuhkan saran dan petunjuk yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan dimasa yang akan datang. Akhir kata, penulis berharap semoga penulisan skripsi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi dosen, Mahasiswa, dan Universitas Negeri Malang. Semoga Tuhan senantiasa melimpahkan berkat dan rahmat-Nya kepada kita semua, Amin. Malang, 05 Juni 2017 Penulis, DAFTAR ISI Halaman ABSTRAKi ABSTRACTii KATA PENGANTARiii DAFTAR ISIiv DAFTAR TABELvi DAFTAR GAMBARvii DAFTAR LAMPIRANviii BAB I PENDAHULUAN A.Latar Belakang Masalah1 B.Rumusan Masalah6 C.Manfaat Penelitian6 D.Hipotesis Tindakan7 E.Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian8 F.Definisi Operasional8 BAB II KAJIAN PUSTAKA A.Model Pembelajaran Problem Based Learning 9 B.Motivasi Belajar13 C.Prestasi Belajar15 D.Temuan Hasil Penelitian Yang Relevan 18 E. Kerangka Pikir19 BAB III METODE PENELITIAN APendekatan Penelitian 22 B.Kehadiran dan Peran Peneliti di Lapangan24 C Lokasi dan Waktu Penelitian24 D.Subjek Penelitian25 E.Data dan Sumber Data25 F.Pengumpulan Data26 G.Analisis Data, Evaluasi dan Refleksi27 H.Prosedur Penelitian29 BAB IV PAPARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN A.Paparan Data 32 B.Temuan Penelitian 48 BAB V PEMBAHASAN A.Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning 51 B.Motivasi Belajar Siswa55 C.Prestasi Belajar Siswa57 BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN A.Kesimpulan59 B.Saran59 DAFTAR PUSTAKA61 LAMPIRAN-LAMPIRAN63 RIWAYAT HIDUP117 DAFTAR TABEL Halaman Tabel 2.1. Sintaks model belajar berbasis masalah11 Tabel 3.1. Data, sumber data dan instrumen penilaian25 Tabel 3.2. Standar kualitas pencapaian keberhasilan model27 Tabel 3.3. Standar ketuntasan belajar klasikal28 Tabel 3.4. Standar hasil motivasi belajar siswa28 Tabel 4.1. Hasil nilai Pre-test siswa32 Tabel 4.2. Hasil observasi keterlaksanaan penerapan Model Problem Based Learning pada pelaksanaan siklus I37 Tabel 4.3. Hasil observasi motivasi belajar siswa pada pelaksanaan siklus I39 Tabel 4.4. Hasil observasi prestasi belajar siswa pada pelaksanaan siklus I40 Tabel 4.5. Hasil observasi keterlaksanaan penerapan model Problem Based Learning pada pelaksanaan siklus II45 Tabel 4.6. Hasil observasi motivasi belajar siswa pada pelaksanaan siklus II46 Tabel 4.7. Hasil observasi prestasi belajar siswa pada pelaksanaan siklus II47 DAFTAR GAMBAR Halaman Gambar 2.1. Kerangka pikir21 Gambar 3.1. Desain penelitian tindakan kelas23 Gambar 4.1. Grafik presentase motivasi belajar siswa kelas X TGB 3 SMK Negeri 1 Singosari pada siklus I dan siklus II49 Gambar 4.2. Grafik presentase prestasi belajar siswa kelas X TGB 3 SMK Negeri 1 Singosari pada siklus I dan siklus II50 DAFTAR LAMPIRAN Halaman 1.Daftar Hadir Siswa64 2.RPP siklus I65 3 RPP siklus II72 4.Materi RPP78 5.Soal Post-Test siklus I 86 6 Soal Post-Test siklus II 90 7.Hasil Belajar Siswa Pra-Tindakan94 8.Lembar Observasi Kegiatan Guru siklus I95 9.Lembar Observasi Kegiatan Guru siklus II97 10.Lembar Obervasi Motivasi Siswa siklus I99 11.Lembar Obervasi Motivasi Siswa siklus II101 12.Hasil Belajar Siswa Siklus I103 13.Hasil Belajar Siswa Siklus II104 14.Dokumentasi105 15.Lembar Bimbingan Skripsi106 16.Riwayat Hidup117

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44327

Actions (login required)

View Item View Item