Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ilmu ukur tanah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Ayu Susilawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ilmu ukur tanah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Ayu Susilawati

Susilawati, Ayu (2017) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ilmu ukur tanah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa Sekolah Menengah Kejuruan / Ayu Susilawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Susilawati Ayu. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Ilmu Ukur Tanah untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan (S1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Eko Suwarno M.Pd. (2) Drs. Priyono M.Pd. Kata kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kualitas pembelajaran hasil belajar Problem Based Learning (PBL) atau Pembelajaran berbasis masalah adalah suatu model pembelajaran yang menghadapkan peserta didik pada tantangan belajar untuk belajar. Siswa aktif bekerjasama didalam kelompok untuk mencari solusi permasalahan dunia nyata. Permasalahan ini sebagai acuan bagi peserta didik untuk merumuskan menganalisis dan memecahkannya. Model ini dimaksudkan untuk mengembangkan siswa berpikir kritis analitis dan untuk menemukan serta menggunakan sumber daya yang sesuai untuk belajar. Sesuai dengan permasalahan yang ada maka dari itu digunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas X TGB 2 di SMK Negeri 6 Malang. Untuk mengukur keberhasilan kualitas pembelajaran dan hasil belajar pada penelitian ini digunakan (1) lembar observasi siswa dan guru (2) soal post-test Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran ilmu ukur tanah melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu ukur tanah melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Penelitian ini adalah menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) penelitian ini menggunkan model Kemmis dan Mc Taggart. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut (1) kualitas pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) aktivitas guru model pada siklus 1 diperoleh persentase sebesar 58 33 % dan terjadi peningkatan pada siklus 2 menjadi 89 58 % sedangkan pada aktivitas siswa didapat persentase pada siklus 1 sebesar 76 69% dan terjadi peningkatan pada siklus 2 menjadi 87 42% (2) hasil belajar siswa pada siklus 1 didapat persentase sebesar 62 86% dan pada siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 91 43%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa kelas X TGB 2 di SMK Negeri 6 Malang. ABSTRACT Susilawati Ayu. 2017. Implementation of Problem Based Learning Model (PBL) on land survey Subject to student Learning Quality and achievement at Vocational High School. Undergraduate Thesis Department of civil Engineering Faculty of Engineering State University of Malang. Supervisors (1) Drs. Eko Suwarno M.Pd. (2) Drs. Priyono M.Pd. Keywords Problem Based Learning (PBL) Model learning quality learning result Problem Based Learning (PBL) is a learning model that makes students face the challenges on studying. Students are expected to be active in doing cooperation on group works to find the solutions in the real context. The problems are as the reference for students to formulate analyze and solve it. This model is intended to develop students to think critically and analytically aiming to find out and use the appropriate resources to learn. According to the existing problems it is essential to implement problem based learning (PBL) model to improve learning quality and students learning results of X TGB 2 grade in SMK Negeri 6 Malang. To measure the success of learning quality and results on this study is used (1) observation sheets of students and teacher (2) post-test items. This study aims to (1) improve learning quality of ground measuring science subject through the implementation of problem based learning (PBL) model and (2) improve students learning results on ground measuring science subject through the implementation of problem based learning (PBL) model. This study uses Classroom Action Research (CAR) by the model of Kemmis and Mc Taggart. The research findings obtained from this study were as follow (1) the learning quality through problem based learning (PBL) model that could be seen from model teacher s activities showed percentage of 58.33% on cycle 1 and there was improvement of 89.58% on cycle 2 while on students activities got 76.69% on cycle 1 and the improvement became 87.42% on cycle 2 and (2) the students learning results which was on cycle 1 got 62.86% and the improvement was 91.43% on cycle 2. Based on those research findings it can be concluded that the implementation of problem based learning (PBL) model is proven to improve learning quality and students learning results for X TGB 2 grade in SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44326

Actions (login required)

View Item View Item