Ata, Muhammad Iqbal Tawaqqal (2017) Meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran mekanika teknik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang / Muhammad Iqbal Tawaqqal Ata. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ata Muhammad Iqbal Tawaqqal. 2017. Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang Skipsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Priyono M.Pd. (II) Drs. Eko Suwarno M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Prestasi Belajar Berdasarkan pengamatan peneliti saat melakukan kegiatan KPL dan KKN serta didukung oleh informasi dari guru dan siswa bahwa mata pelajaran Mekanika Teknik adalah salah satu mata pelajaran yang sulit dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ini masih rendah. Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization merupakan salah satu model pembelajaran yang mengutamakan kerja sama siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. model pembelajaran ini bersifat khusus karena dikembangkan untuk pembelajaran aritmatika (ilmu hitung). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Kejuaruan Negeri 6 Malang dengan subjek penelitian siswa kelas X GB (Teknik Gambar Bangunan) 4 pada mata diklat Mekanika Teknik semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi guru untuk mengamati kesesuaian aktivitas guru dengan tahapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dan instrumen tes untuk mengukur hasil belajar Mekanika Teknik siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian (1) Tahapan pembelajaran kooperatif tipe TAI dibagi dalam tiga tahapan kegiatan kegiatan awal (salam presensi apersepsi menyampaikan indikator mereview materi sebelumnya) kegiatan inti (membentuk kelompok memberikan bahan ajar belajar kelompok memaparkan hasil kerja kelompok Guru memberikan Skor dan penghargaan kelompok pengajaran materi post-test dan kegiatan penutup (refleksi guru menyampaikan pesan salam penutup) dengan persentase keberhasilan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siklus I sebesar 61 48% dan pada siklus II meningkat menjadi 84 44% jadi terdapat peningkatan keberhasilan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TAI antara siklus I dengan siklus II sebesar 22 96%. (2) persentase peningkatan hasil belajar Mekanika Teknik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan siswa yang mengikuti tindakan berjumlah 33 siswa dari 36 siswa pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 63 64% dan siklus II sebesar 87 88% jadi terdapat peningkatan hasil belajar setelah di terapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI antara siklus I dengan siklus II sebesar 24 24%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44324 |
Actions (login required)
View Item |