Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah praktikum laboratorium pengujian bahan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Lavinda Indanus Proboputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah praktikum laboratorium pengujian bahan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Lavinda Indanus Proboputri

Proboputri, Lavinda Indanus (2017) Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah praktikum laboratorium pengujian bahan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Lavinda Indanus Proboputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Proboputri LavindaIndanus. 2017.PengembanganModulPembelajaran Mata KuliahPraktikumLaboratoriumPengujianBahan Program Studi S1 PendidikanTeknikBangunanUniversitasNegeri Malang. Skripsi JurusanPendidikanTeknikBangunan UniversitasNegeri Malang Pembimbing (I) Drs. Priyono M.Pd (II) Dr. R. M. Sugandi M.T. Kata Kunci ModulPembelajaran PraktikumLaboratoriumPengujianBahan. Modulpembelajaranmerupakanbahan ajar yang dibuatuntukmembantumahasiswamencapaitujuanpembelajaran yang membimbingmahasiswa agar dapatbelajarsecaramandiribelajartanpaharusbimbingandosen. Tujuandaripengembanganiniadalahmenghasilkansuatuprodukmodulpembelajaranyang valid sebagaisumberbelajar yang memenuhi kualifikasi universitasdalammatakuliahpraktikumlaboratoriumpengujianbahanpadamateriujitarikbaja. Penelitianinimenggunakan modelsugiyono yang telahdimodifikasi.langkah-langkahpengembanganiniyaitumengidentifikasimasalahdankebutuhan pengumpulan data desainproduk validasidesain penyusunanproduk validasiproduk revisiprodukdanujicobaterbatas. Subjekpenelitiandalamvalidasipengembanganiniyaitumahasiswa offering c-c untukkelaskontroldan offering e-e untukkelaseksperimen. Jenis data yang digunakanadalah data kuantitatifdankualitatif. Modulpembelajaraninidivalidasioleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahlimaterisertapadaujicobalapangansebanyak 20 orang. Setelahdilakukanmetodeanalisis hasilvalidasimodulpembelajaraninidinyatakan valid denganhasilperhitunganahlimaterididapatkanskorprosentasesebesar 96 25% ahli media sebesar 98 21% dariujicobalapangandidapatskorprosentase 81 24%. Hal inimenunjukanbahwamodulpembelajaraninidinyatakan valid untukdigunakansebagai media pembelajaran. HasilbelajarmahasiswadarihasilpotteskelaskontroldaneksperimenmelaluiT-test Independent Sampleyang diperolehnilaiPsig (0 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44323

Actions (login required)

View Item View Item