Prabawati, Lucky (2017) Pengembangan e-module konstruksi bangunan berbantuan flipbook maker sebagai buku pengayaan untyuk siswa SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan / Lucky Prabawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Prabawati Lucky. 2017. Pengembangan E-Module Konstruksi Bangunan Berbantuan Flipbook Maker Sebagai Buku Pengayaan untuk Siswa SMK Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T (II) Drs. Priyono M.Pd Kata Kunci Pengembangan E-module Buku Pengayaan Flipbook Maker Konstruksi Bangunan Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak yang memuat materi konstruksi bangunan rumah tinggal 2 lantai untuk siswa SMK jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Islam 1 Blitar yang dikarenakan ketidaksesuaian harapan dan kenyataan yang diinginkan sekolah yaitu siswa mampu menggambar dan memahami apa yang mereka gambar tetapi kenyataannya siswa belum mampu memahami apa yang mereka gambar. Penelitian ini merupakan pengembangan dari buku elektronik yang sudah digunakan pengembangan yang dilakukan peneliti yaitu membuat e-module berbantuan Flipbook Maker. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang telah dimodifikasi dengan tahapan analisis (analize) desain (design) pengembangan (development). Tingkat kelayakan produk e-module sebelum diujicobakan divalidasi melalui ahli media dan ahli materi produk direvisi hingga mendapatkan nilai yang sangat layak untuk diujicobakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TGB SMK Islam 1 Blitar sebanyak 15 siswa sebagai responden untuk validasi angket dan kelas XI TGB sebanyak 36 siswa sebagai responden pengguna e-module. Hasil dari penelitian ini ditinjau berdasarkan 4 aspek yaitu aspek materi aspek kabahsaan aspek penyajian materi dan aspek kegrafikan. Tingkatan skor dihitung dan disimpulkan menggunakan skala likert . Dari ke-empat aspek tersebut tingkat validasi yang didapat dari ahli media mendapat skor 86 904 % (sangat valid) sedangkan dari ahli materi mendapat skor 91 66 % (sangat valid) dapat disimpulkan bahwa media dikategorikan sangat valid serta dapat diujicobakan. Hasil uji validitas dan reliablitas angket siswa didapat r hitung r tabel (valid) dari 24 pertanyaan dan alpha 0 7 (reliabel). Sedangkan ujicoba respon siswa terhadap produk mendapatkan skor 85 91% (sangat valid). Secara keseluruhan dari hasil validasi ahli hingga respon siswa terhadap pengembangan produk diambil kesimpulan bahwa pengembangan e-module konstruksi bangunan berbantuan flipbook maker sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran menggambar dengan perangkat lunak ataupun mata pelajaran konstruksi bangunan. 8195 ABSTRACT Prabawati Lucky. 2017. Development of Building Construction E-Module Based on Flipbook Maker as Enrichment Book for Vocational High School Students Departement of Drawing Build Engineering. Essay Departement of Engineering Build Education Faculty of Engineering Malang State University Lecturer (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T (II) Drs. Priyono M.Pd Keyword Development E-module Enrichment book Flipbook Maker Building Construction This Research and Development aims to poduce learning media for Drawing with Software subjects that contains knowledge two-story house building construction for Vocational High School students department of Drawing Build Engineering in SMK Islam 1 Blitar due to mismatch of expectation and reality desired by school that students are able draw and understand what they are but in fact students have not been able to understand what they are. This research is a development from electronic books have been used researcher developed an e-module based on Flipbook Maker. This study used a modified ADDIE model with stages analysis design development. The feasibility of an e-module product before tested is validated through a media epxpert judgement and material expert judgement (building construction) product will be revised to obtain a highly feasible value for trial. The subjects were X grade of TGB SMK Islam 1 Blitar as many as 15 students as respondents for questionnaire validation and XI grade TGB as many as 36 students as e-module users respondents. The result of study are reviewed based on 4 aspects material aspects linguistic aspects material presentation aspects picture aspects. Score level is calculated and summed by Likert scale. Of the four aspects of the validation level obtain from the media expert judgement get a score 86 904% (very valid) while from material expert judgement scored 91 66% (very valid) it can be concluded that the media categorized very valid and can be tested. The result of validity test and students questionnaire reliability got r hitung r tabel (valid) from 24 questions and alpha 0 7 (reliabel). While test of students response to the product get score 85 91% (very valid). Overall from expert judgement results to students responses to product development it concluded that development an e-module based on flipbook maker is very effective to use in Drawing with Software subjects or building construction subjects.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44316 |
Actions (login required)
View Item |