Pengaruh kelengkapan peralatan bengkel kayu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pelaksanaan konstruksi kayu Paket Keahlian Konstruksi Kayu SMK N 1 Kediri / Indra Febrianti Ariningtyas

Ariningtyas, Indra Febrianti (2017) Pengaruh kelengkapan peralatan bengkel kayu terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pelaksanaan konstruksi kayu Paket Keahlian Konstruksi Kayu SMK N 1 Kediri / Indra Febrianti Ariningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febrianti Ariningtyas, Indra. 2017. Pengaruh Kelengkapan Peralatan Bengkel Kayu Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pelaksanaan Konstruksi Kayu Paket Keahlian Konstruksi Kayu SMKN 1 Kediri. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eko Suwarno, M.Pd (II) Drs. Hadi Wasito, Dipl. Ed., M.Pd. Kata Kunci: Peralatan Bengkel Kayu, Hasil Belajar, SMK N 1 Kediri Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kelengkapan peralatan bengkel kayu SMK N 1 Kediri, mengetahui penilaian siswa tentang kelengkapan peralatan bengkel kayu di SMK N 1 Kediri, dan mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kelengkapan peralatan bengkel kayu dengan hasil belajar siswa di SMKN 1 Kediri. Metode penelitian yang di gunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan tahap kegiatan triangulasi data yang dimulai dengan tahap penelaah data, identifikasi dan klasifikasi, dan tahap evaluasi data. Dari hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, kelengkapan peralatan bengkel kayu yang memenuhi standar kelengkapan peralatan bengkel bahwa: 1) 13 alat atau 18,84% dengan kategori memenuhi, 2) 16 alat atau 23,19% dengan kategori kurang memenuhi, 3) 40 alat atau 57,97% dengan kategori tidak memenuhi. Kedua, hasil penilaian siswa tentang kelengkapan peralatan bengkel kayu bahwa: 1) 6 siswa atau 14,63% menyatakan bahwa kelengkapan peralatan bengkel memenuhi, 2) 26 siswa atau 63,41% menyatakan bahwa kelengkapan peralatan bengkel kurang memenuhi, 3) 9 siswa atau 21,95% menyatakan bahwa kelengkapan peralatan bengkel tidak memenuhi. Ketiga, hasil belajar siswa pada mata pelajaran pelaksanaan konstruksi kayu bahwa: 1) 7 siswa atau 17,07% dengan kategori baik, 2) 34 siswa atau 82,93% dengan kategori cukup, 3) 0 siswa atau 0% dengan kategori kurang. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa besarnya pengaruh kelengkapan peralatan (X) terhadap hasil belajar (Y) adalah sebesar 1,5% dan besarnya variabel lain yang dapat mempengaruhi namun tidak dijelaskan dalam penelitian ini adalah sebesar 98,5%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penilaian siswa maupun standar kelengkapan peralatan bengkel yang telah ditetapkan terhadap kelengkapan peralatan bengkel tidak berpengaruh yang signifikan. ABSTRAK Febrianti Ariningtyas, Indra. 2017. The Influence of The Completeness of Woodworking Workshop Equipment to The Student Learning Out Comes on The Subject of Wood Construction in SMKN 1 Kediri. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eko Suwarno, M.Pd (II) Drs. Hadi Wasito, Dipl. Ed., M.Pd. Keyword: Wood working equipment, learning outcomes, SMK N 1 Kediri This research was conducted with the aim to know the level of feasibility and completeness of wood workshop equipment of SMK N 1 Kediri, wants to know the students assessment about the completeness of woodworking equipment at SMK N 1 Kediri, and also wants to know whether there is influence of the completeness of woodworking workshop equipment with student learning outcomes in SMKN 1 Kediri. The research is used descriptive qualitative method. The data were collected using observation, documentation, and interview techniques. To maintain the validity of the data, a triangulation data activity stage begun with the data review stage, identification and classification, and the data evaluation stage. From the results of the analysis of the data obtained conclusion of research results as follows. First, the completeness of woodworking equipment which meet the standard of workshop equipment equipments that: 1) 13 tools or 18.84% of woodworking equipment have meet categories , 2) 16 tools or 23.19% of woodworking equipment have less meet category, 3) 40 tools or 57.97% of woodworking equipment are not fulfilling categories . Secondly, the result of the students' assessment of the completeness of the workshop equipments that: 1) 6 students or 14.63% stated that the completeness of workshop equipment are fulfill, 2) 26 students or 63,41% stated that the completeness of workshop equipment are less fulfill, 3) 9 students or 21.95% stated that the completeness of the workshop equipment wasn't meet requirment. Third, student outcomes from learning the wood construction implementation that: 1) 7 students or 17.07% have good category, 2) 34 students or 82.93% have enough category, 3) 0 students or 0% have less category. The conclusion of this research is that the effect of the completeness of the equipment (X) on the learning result (Y) is 1.5% and the amount of other variables that can affect but not described in this research is 98.5%. From these results indicate that the assessment of students and the standard completeness of the workshop equipment that has been set against the completeness of the workshop equipment has no significant effect.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Jurusan Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44315

Actions (login required)

View Item View Item