Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Islam 1 Kota Blitar / Mohamad Fauzal Mutaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Islam 1 Kota Blitar / Mohamad Fauzal Mutaqin

Mutaqin, Mohamad Fauzal (2017) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Islam 1 Kota Blitar / Mohamad Fauzal Mutaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mutaqin Fauzal Mohamad. 2017. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan Islam 1 Kota Blitar. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata Kunci Perpustakaan Sekolah Hasil Belajar Perpustakaan sekolah merupakan satuan unit kerja yang mengelola menyimpan mengoleksi dan meminjamkan bahan pustaka serta menunjang proses belajar siswa di sekolah. Perpustakaan sekolah tampak bermanfaat apabila siswa mampu dengan baik membaca atau meminjam buku pelajaran yang dapat membantu proses belajar mengajar dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Buku pelajaran yang tersedia diperpustakaan memberikan konstribusi terhadap hasil belajar siswa karena perpustakaan sekolah sebagai salah satu tempat untuk memperoleh sumber informasi dilingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kinerja perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini memaparkan tentang penelitian deskriptif dan korelatif. Penelitian ini untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana pemanfaatan perpustakaan sekolah di SMK Islam 1 Kota Blitar (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan kelas X paket keahlian teknik gambar bangunan di SMK Islam 1 Kota Blitar (3) Apakah ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan paket keahlian teknik gambar bangunan di SMK Islam 1 Kota Blitar . Hasil validasi berupa angket diperoleh 16 pernyataan yang valid dari 22 pernyataan yang disebar dan reliabelitas dari variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah sebesar 0 733 yang berarti reliabel. Data yang diambil dari variabel pemanfaatan perpustakaan dan variabel hasil belajar siswa. Kegiatan analisis dimulai dari tabulasi (skor) utuk mendeskripsikan kedua variabel dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS for Windows Versi 21.0. Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut (1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah dilihat dari aspek layanan dan fasilitas tergolong baik (80 09%). (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan tergolong baik (84 99%). (3) Pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh sebesar 1 1% terhadap hasil belajar siswa. Disimpulkan bahwa variabel bebas pemanfaatan perpustakaan sekolah tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat hasil belajar siswa kelas X paket keahlian teknik gambar bangunan di SMK Islam 1 Kota Blitar. Mutaqin Fauzal Mohamad. 2017. The Influence of School Library Utilization on Student Learning Outcomes on Building Construction Subject in Drawing Engineering Program at Vocational High School Islamic 1 Blitar City Skripsi Department of Civil Engineering Engineering Faculty State University of Malang. Lecturer (I) Dr. R.M. Sugandi S.T. M.T (II) Drs. Priyono M.Pd. Keywords School of Library Results Learning The school library is a unit of work unit that manages stores collects and lends library materials and supports student learning in schools. School libraries look useful if students are able to either read or borrow textbooks that can help the learning process and can improve student learning outcomes. Textbooks available in the library contribute to student learning outcomes because the school library is one of the places to obtain information sources within the school environment. This study aims to determine the factors that allegedly affect the performance of school libraries on student learning outcomes. This research describes descriptive and correlative research. This research to answer the problem (1) How to use school library in SMK Islamic 1 Blitar City (2) How is the student s learning outcomes in the subject of X class building construction package of building drawing engineering skill in SMK Islamic 1 Blitar City (3) Is there any influence of school library utilization on student learning result in construction study subject of building skill building skill package at SMK Islamic 1 Blitar City . Validation results in the form of a questionnaire obtained 16 valid statements from 22 statements are distributed and the reliability of the variable utilization of school libraries of 0.733 which means reliable. Data taken from library utilization variable and student learning result variable. The analysis activity starts from the tabulation (score) to describe both variables and inferential statistical analysis using SPSS for Windows Version 21.0. The result of data analysis is as follows (1) The utilization of school library is seen from the aspect of service and facility is good (80 09%). (2) Students learning outcomes on building construction subjects are quite good (84.99%). (3) Utilization of school library has an effect of 1 1% on student learning outcomes. It is concluded that the free variable utilization of the school library has no significant effect on the dependent variable of the students learning achievement in class X of the package of building drawing technique skill in SMK Islamic 1 Blitar City.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44314

Actions (login required)

View Item View Item