Agustin, Wiwit Puji (2017) Peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Gambar teknik dengan menggunakan strategi pembelajaran kreatif-produktif di SMKN 2 Probolinggo / Wiwit Puji Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Agustin Wiwit Puji. Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Dengan Menggunakan Strategi Kreatif-Produktif Di SMKN 2 Probolinggo. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M. Pd (II) Drs. H. Suparno S.T. M.T. Kata Kunci Prestasi Belajar Gambar Teknik Strategi Kreatif-Produktif . Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) meningkatkan kualitas proses belajar mengajar mata pelajaran gambar teknik (2) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X TGB 2 SMK Negeri 2 Probolinggo berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Lembar observasi untuk mengamati kegiatan siswa dan juga kegiatan guru selama penelitian berlangsung. Tes dilakukan untuk mengetahui prestasi belajar siswa berupa gambar. Hasil penelitian yang diperoleh (1) Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Dengan Menggunakan Strategi Kreatif-Produktif Di SMKN 2 Probolinggo dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar mata pelajaran gambar teknik (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik meningkat dengan peningkatan nilai sebesar 15 23. Pada pelaksanaan siklus I rata-rata nilai yang diperoleh siswa 67 81. Sedangkan pada pelaksanaan siklus II rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 83 04. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Siswa harus lebih berani bertanya dan aktif dalam proses belajar mengajar. Siswa juga harus mencari wawasan yang luas agar mendapatkan ide-ide yang baru dan kreatif (2) Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran kreatif-produktif pada mata pelajaran gambar teknik sebagai alternatif pembelajaran karena dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar prestasi belajar siswa dan juga dapat melatih siswa agar lebih mandiri (3) Bagi penelitian selanjutnya yang akan menerapkan strategi pembelajaran kreatif-produktif khususnya pada mata pelajaran gambar teknik dapat diteliti faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran dan prestasi belajar. ABSTRACT Agustin Wiwit Puji. Improving Learning Achievement on Engineering Drawing Subject by Implementing Creative-Productive Strategy in SMKN 2 Probolinggo. Mini Thesis Study Program of Construction Engineering Education. Department of Civil Engineering Engiineering Faculty Universitas Negeri Malang. Advisors (I) Drs. Made Wena M. Pd (II) Drs. H. Suparno S.T. M.T. Keywords Learning Achievement Engineering drawing Creative-Productive Strategy. This research is conducted with the aims (1) improving the quality of teaching and learning process of engineering drawing (2) improving student s learning achievement in the subject of Engineering Drawing. This study is a classroom action research consisting of 2 cycles each cycle for one meeting. The subjects of this study are students of class X TGB 2 in SMK Negeri 2 Probolinggo which amounted to 26 students. The data collection techniques used observation sheet and test. Observation sheet was aimed to observe students activities as well as teacher s activities during the learning process. The test was conducted to determine students achievement in the form of drawing. The results of this research are (1) Improvement of Learning Achievement in the Subject of Engineering Drawing by Implementing Creative-Productive Strategy At SMKN 2 Probolinggo can improve the quality of teaching and learning process in the subject of engineering drawing (2) student s learning achievement in engineering Drawing technique increased with improvement Value of 15 23. In the implementation of the first cycle the average score obtained by students 67 81. While on the implementation of cycle II the average score obtained by students 83 04. Based on the results of this study it is suggested (1) Students should be more courageous to ask and active in the teaching and learning process. Students should also seek broad insight in order to get new and creative ideas (2) Teachers can use creative-productive learning strategy in the subject of engineering drawing as an alternative learning because it can improve the quality of teaching and learning process students achievement and also can Train students to be more independent (3) For further research that seek to apply creative-productive learning strategy especially on the subject of engineering drawing it can review any factors that influence the quality of learning and the learning achievement.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |