Pengaruh prestasi mata pelajaran konstruksi bangunan dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja calon lulusan siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Dwi Indah Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh prestasi mata pelajaran konstruksi bangunan dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja calon lulusan siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Dwi Indah Wahyuni

Wahyuni, Dwi Indah (2017) Pengaruh prestasi mata pelajaran konstruksi bangunan dan pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja calon lulusan siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari / Dwi Indah Wahyuni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dwi Indah Wahyuni. 2017. Pengaruh Prestasi Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan dan Pengalaman Praktik Kerja Industri terhadap Kesiapan Kerja Calon Lulusan Siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Singosari. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mujiyono M.Pd. (II) Dr. R. M. Sugandi S.T. M.T. Kata Kunci Prestasi Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan Pengalama Praktik Kerja Industri Kesiapan Kerja Pendidikan kejuruan bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan keterampilan dan sikap kerja guna memenuhi dan mengembangkan keterampilan kerja agar mampu menjadi tenaga kerja yang siap dan produktif. Tenaga kerja yang produktif dapat dihasilkan melalui PSG (Pendidkikan Sistem Ganda) yang dilakukan di sekolah dan di dunia kerja. Di sekolah berbentuk prestasi mata pelajaran produktif dan di dunia kerja berbentuk praktik kerja industri yang keduanya sangat mempengaruhi kesiapan kerja calon lulusannya. SMK Negeri 1 Singosari merupakan salah satu SMK unggulan ditingkat nasional. Pada kenyataannya berdasarkan rekapitulasi pada tahun ajaran 2014/2015 dan wawancara yang dilakukan kepada kaprodi Teknik Gambar Bangunan masih terdapat siswa yang menganggur dan bekerja bukan pada kompetensi keahlian yang dimilikinya. Untuk itu perlu dilakukan penelitian berkaitan dengan prestasi mata pelajaran produktif dan pengalaman praktik kerja industri dalam bidang perencannaan pengawasan dan pelaksanaan terhadap kesiapan kerja dengan tujuan agar dijadikan salah satu dasar pijakan sekolah guru serta pembimbing prakerin untuk pengambilan kebijakan untuk meningkatkan kesiapan kerja calon lulusannya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini ada dua cara yang pertama berupa angket/kuesioner yang dibagikan kepada 66 responden dan yang kedua berupa dokumentasi. Data penelitian angket/kuesioner ini digunakan untuk meneliti pengalaman praktik kerja industri dan kesiapan kerja siswa. Dokumkentasi digunakan untuk memperoleh data nilai raport siswa mata pelajaran konstruksi bangunan. Teknik analisis data dimulai dari tabulasi (scoring) data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan selanjutnya diuji hipotesis menggunakan Software SPSS For Windows Versi 21. Hasil analisis data diperoleh (1) prestasi mata pelajaran konstruksi bangunan diperoleh rata-rata 82 85% termasuk kedalam kriteria baik. (2) pengalaman praktik kerja industri skor tertinggi pada pengalaman bidang perencanaan (71%) dalam criteria baik. Sedangkan (3) kesiapan kerja diperoleh skor rata-rata 75% termasuk criteria baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa berdasarkan ujideterminasi simultan dan uji hipotesis didapatkan bahwa prestasi mata pelajaran produktif gambar teknik dan pengalaman praktik kerja industry berpengaruh simultan terhadap kesiapan kerja dengan sumbangan pengaruhnya adalah 15%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44312

Actions (login required)

View Item View Item