Rahman, Ahmad Khodari Nurur (2017) Hubungan antara fasilitas belajar dan efektifitas proses pembelajaran peserta didik Program Keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Situbondo / Ahmad Khodari Nurur Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ahmad Khodari Nurur Rahman. 2017. Hubungan Antara Fasilitas Belajar dan Efektifitas Proses Pembelajaran Peserta Didik Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Situbondo. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Eko Suwarno M.Pd (II) Drs. Eko Setyawan MT. Kata Kunci Fasilitas Belajar Efektifitas Pembelajaran SMK Negeri 1 Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil fasilitas belajar dan efektifitas proses pembelajaran serta hubungan fasilitas belajar dengan efektifitas proses pembelajaran peserta didik program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Situbondo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Subyek dari penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Situbondo jurusan Teknik Gambar Bangunan sebanyak 100 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Untuk mengetahui hubungan fasilitas belajar dengan efektifitas proses pembelajaran peserta didik program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Situbondo menggunakan teknik analisis product moment. Hasil analisis data menyatakan (1) Fasilitas Belajar Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Situbondo dalam kondisi baik berdasarkan hasil prosentase siswa terhadap indikator sarana 66% dan indikator prasarana sebesar 69% (2) Efektifitas Proses Pembelajaran Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Situbondo dalam kondisi baik berdasarkan hasil prosentase siswa terhadap indikator karakteristik guru 74% dan indikator karakteristik siswa sebesar 69%. (3) Ada hubungan yang lemah antara fasilitas belajar dan efektifitas proses pembelajaran SMK Negeri 1 Situbondo. Nilai koefisien korelasi sebesar 0 365 dengan taraf signifikansi 1%. Dan fasilitas belajar memberikan kontribusi 13 33% terhadap efektifitas proses pembelajaran sedangkan 86 67% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar sangat penting dalam hubungannya untuk menunjang efektifitas proses pembelajaran di sekolah khususnya di SMK untuk itu perlu dilakukan peningkatan dalam pendayagunaan dan pengelolaannya agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44308 |
Actions (login required)
View Item |