Satrianti, Eka (2017) Penerapan strategi pembelajaran kooperatif disertai pemberian reward and punishment untuk efisiensi waktu siswa dalam mengerjakan tugas gambar bangunan / Eka Satrianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Satrianti Eka. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif disertai Pemberian Reward and Punishment Untuk Efisiensi Waktu Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Gambar Bangunan. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Made Wena M. Pd M.T. (II) Drs. Antelas Eka Winahyo M. Pd. Kata Kunci Strategi Pembelajaran Kooperatif Reward and Punishment Efisiensi Waktu Siswa Gambar Bangunan. Gambar Teknik pada Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1 Singosari menyajikan tugas dasar-dasar gambar bangunan. Strategi pembelajaran pada paket keahlian Teknik Gambar Bangunan masih menerapkan penyelesaian tugas secara individu sehingga waktu yang digunakan siswa untuk menyelesaikan tugas dalam pembelajaran tersebut kurang efisien yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran kooperatif disertai pemberian reward and punishment pada mata pelajaran gambar teknik (2) untuk meningkatkan efisiensi waktu siswa dalam mengerjakan tugas gambar bangunan (3) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar teknik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dokumentasi dan pemberian tugas. Hasil penelitian (1) penerapan strategi pembelajaran kooperatif disertai pemberian reward and punishment dapat meningkatkan efisiensi waktu siswa dalam mengerjakan tugas gambar bangunan pada mata pelajaran Gambar Teknik di kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Singosari (2) ketepatan waktu pengumpulan pada siklus 1 yaitu 50% siswa dan siklus 2 100% siswa (3) rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 78 55 sedangkan pada siklus 2 adalah 82 47. Kesimpulan penelitian Penerapan strategi kooperatif memberi pengaruh positif bagi siswa secara keseluruhan. Siswa pandai yang sebelumnya hanya terfokus untuk menyelesaikan tugas secara mandiri berubah menjadi mau membantu siswa lainnya untuk menyelesaikan tugasnya. Sedangkan siswa yang sebelumnya pasif dalam mengerjakan tugas menjadi aktif saat menyelesaikan tugasnya dengan adanya bantuan dari siswa pandai. Dengan pemberian reward and punishment yang berupa penambahan atau pengurangan nilai mampu mendorong kerjasama antar siswa dalam menyelesaikan tugas sehingga efisiensi waktu siswa dalam mengerjakan tugas gambar bangunan pada mata pelajaran Gambar Teknik di kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Singosari dapat meningkat. Saran penelitian (1) siswa hendaknya menunjukkan kerjasama dalam penyelesaian tugas gambar agar dapat diperoleh ketepatan waktu sesuai dengan yang ditentukan (2) guru dapat menerapkan strategi ini karena dapat meningkatkan efisiensi waktu siswa dan hasil belajar siswa (3) bagi peneliti selanjutnya perlu mempertimbangkan aspek penilaian lainnya jika hendak melakukan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44307 |
Actions (login required)
View Item |