Analisis penggunaan media pembelajaran software netsupport school dalam mata pelajaran gambar teknik bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang / Ainul Ilmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penggunaan media pembelajaran software netsupport school dalam mata pelajaran gambar teknik bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang / Ainul Ilmi

Ilmi, Ainul (2017) Analisis penggunaan media pembelajaran software netsupport school dalam mata pelajaran gambar teknik bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang / Ainul Ilmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ilmi Ainul. 2017. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Software NetSupport School dalam Mata Pelajaran Gambar Teknik Bangunan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Made Wena M.Pd. M.T. (II) Drs. Antelas Eka Winahyo M.Pd. Kata Kunci Media Pembelajaran NetSupport School Gambar Teknik Bangunan. NetSupport School adalah sebuah media pembelajaran berupa aplikasi komputer sebagai pengganti LCD yang dipakai di SMK Negeri 6 Malang selama dua tahun. Selama kurun waktu tersebut belum pernah diadakan kajian tentang kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya sedangkan setiap media pembelajaran secara umum mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya. Dalam studi pendahaluan hanya diketahui kelebihannya saja untuk mengetahui aspek selain hal positif atau kelebihan dari penggunaan software NetSupport School sebagai media pembelajaran perlu diadakan penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aspek positif dari software NetSupport Schoolsebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Gambar Teknik Bangunan (2) mendeskripsikan aspek negatif dari software NetSupport Schoolsebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Gambar Teknik Bangunan serta (3) mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa ranah kognitif aspek pemahaman (C2) melalui pemanfaatan software NetSupport School sebagai media pembelajaran. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian evaluasiformatif.Sampel berjumlah 167 siswa dan 5 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket dan dokumentasi serta teknik analisis data menggunakan analisisstatistik deskriptif prosentase dengan bantuan program Microsoft Excel. Hasil penelitiandapat disimpulkan (1) Software NetSupport Schoolmemilikiaspekpositifyaitu keberfungsianfasilitas (manage student aplikasi whiteboard monitor student register show screen file transfer send/collect/collect send lock CO-browse dan blank all monitoring perawatankomputersertafasilitas communicate) kesesuaiandengantujuanpembelajaran materipembelajaran karakteristik dangayabelajarsiswa dalamsisiwaktupengoperasian biayaperawatan media dalamsisimututeknisdankegunaan media sertadalamsisiketersedian media untukdidapatkan (2) Software NetSupport Schoolmemiliki aspek negatif yaitu keberfungsian fasilitas whiteboard monitor khususnya penggunaan oleh guru fasilitas show screen khususnya dalam hal gerak video pembelajaran keberfungsian fasilitas communicate lesson plan dan dalam sisi biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh media dan (3) Hasil belajar siswa ranah kognitif aspek pemahaman (C2) mata pelajaran Gambar Teknik Bangunanmeningkat setelah dimanfaatkannya software NetSupport School sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44303

Actions (login required)

View Item View Item