Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar cahaya dan sifat-sifatnya siswa kelas V SDN Plandirejo 2 Kec. Bakung, Kab. Blitar semester genap TA 2012/2013 / Hendri Dwi Jatmiko - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar cahaya dan sifat-sifatnya siswa kelas V SDN Plandirejo 2 Kec. Bakung, Kab. Blitar semester genap TA 2012/2013 / Hendri Dwi Jatmiko

Jatmiko, Hendri Dwi (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar cahaya dan sifat-sifatnya siswa kelas V SDN Plandirejo 2 Kec. Bakung, Kab. Blitar semester genap TA 2012/2013 / Hendri Dwi Jatmiko. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jatmiko Hendri Dwi. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Cahaya Dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas V SDN Plandirejo 2 Kec. Bakung Kab. Blitar Semester Genap TA 2012/2013. Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sihkabuden M.Pd (II) Yerry Soepriyanto S.T. M.T. Kata Kunci model pembelajaran tipe jigsaw dan hasil belajar siswa. Pembelajaran IPA di kelas V SDN Plandirejo 2 Kec. Bakung Kab. Blitar bersifat konseptual saja pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa siswa hanya sesekali diberikan kesempatan oleh guru untuk mengerjakan soal di depan kelas selebihnya siswa hanya mendengarkan atau melihat serta mencatat apa yang perlu di catat. Saat pembelajaran kelompok belum berjalan maksimal hanya beberapa siswa saja yang aktif. Atas dasar itu diperlukan pembenahan pada proses pembelajaran tersebut salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam model ini siswa dituntut untuk saling bekerjasama dalam tim yang heterogen dan bersaing dengan kelompok lain untuk menjadi kelompok terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan 2 siklus Pembelajaran setiap siklus masing-masing terdiri dari kegiatan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi wawancara dan tes tertulis. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Plandirejo 2 Kec. Bakung Kab. Blitar dengan jumlah 15 siswa pada materi cahaya dan sifat-sifatnya. Hasil refleksi siklus I menemukan kekurangan saat proses pembelajaran yaitu saat kegiatan kelompok masih ada beberapa siswa yang bermain dan berbicara sendiri kontribusi antar anggota kelompok masih kurang siswa masih malu dan kurang aktif saat menyampaikan pendapat sehingga hanya beberapa saja yang aktif dan diakhir pelajaran guru tidak memberikan tugas atau PR untuk siswa. Sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II yaitu pengorganisasian kelas lebih di tingkatkan lagi oleh guru mata pelajaran dengan selalu mendampingi dan mengarahkan siswa saat berdiskusi kelompok memberikan hadiah bagi kelompok terbaik serta memberikan PR di akhir pelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan hasil belajar siswa yang meningkat yaitu pada siklus I rata-rata post test 77 00 meningkat menjadi 83 66 pada post test siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Plandirejo 2 Kec. Bakung Kab. Blitar. Dari hasil penelitian ini guru disarankan dapat menerapkan model pembelajaran tipe jigsaw di kelas untuk upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item