Penerapan penekatan scientific untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mata pelajaran mekanika teknik keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo / Annisa Ratnasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan penekatan scientific untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mata pelajaran mekanika teknik keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo / Annisa Ratnasari

Ratnasari, Annisa (2017) Penerapan penekatan scientific untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mata pelajaran mekanika teknik keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo / Annisa Ratnasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ratnasari Annisa. 2017. Penerapan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Mekanika Teknik Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Probolinggo. Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mujiyono M.Pd (II) Drs. Priyono M.Pd. Kata kunci Pendekatan Scientific proses belajar hasil belajar Proses belajar di SMK diharapkan dapat memberikan keterampilan kompetensi maupun pengetahuan yang dibutuhkan di dunia kerja. Untuk dapat mewujudkannya didukung dengan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Untuk dapat mewujudkannya didukung dengan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Guru harus mampu memberikan proses belajar yang menyenangkan dan mendalam. Serta adanya hubungan antara guru siswa dan media yang dinamis. Namun pada proses belajar yang terjadi pada mata pelajaran mekanika teknik hanya berpusat pada guru atau disebut juga dengan teacher center. Kegiatan yang terjadi pada proses pembelajaran tersebut hanya transfer pengetahuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah langkah pendekatan scientific yang dapatmeningkatkan proses belajar berupa keaktifan dan kemandirian siswa serta hasil belajar mekanika teknik siswa SMK Negeri 2 Probolinggo. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TGB 3 yang berjumlah sebanyak 26 siswa terdiri dari 8 siswa perempuan dan 18 siswa laki laki. Penelitan ini dilakukan dengan 2 siklus dimana pada setiap siklus terdiri dari satu pertemuan selama 4 x 40 menit. Materi terfokus pada perhitungan gaya batang menggunakan kesetimbangan titik simpul. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa nilai post test siswa serta lembar observasi proses belajar dari aktivitas siswa. Hasil penelitian berupa perolehan skor observasi dan nilai akhir dari hasil belajar siswa. Kualitas proses belajar meningkat hal tersebut dapat terlihat pada hasil observasi yaitu (1) saat pratindakan skor sebesar 50% (2) pada saat siklus I sebesar 85 71% dan (3) siklus II sebesar 100%. Hasil belajar yang diperoleh dari hasil kerja kelompok dan post test siswa mengalami peningkatan pula yaitu (1) rentang ketuntasan klasikal pratindakan termasuk kategori amat kurang baik yakni 53 84% (2) rentang ketuntasan klasikal siklus I kategori baik yakni 73 07% dan (3) rentang ketuntasan klasikal siklus II kategori sangat baik yakni 88 46%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/44299

Actions (login required)

View Item View Item