Destriana, Shela (2017) Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar seswa SMKN 2 Jember / Shela Destriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Destriana Shela. PengaruhMotivasiBelajardanLingkunganKeluargaTerhadapPrestasiBelajarSiswa SMKN 2 Jember.2016. Skripsi Program Studi Pendidikan TeknikBagunan Jurusan TeknikSipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Suparno S.T. (II) M.T. Drs. AntelasEkaWinahyo M.Pd. Kata kunci motivasibelajar lingkungankeluarga prestasibelajar Sekolahmenengahkejuruanadalahsalahsatujenjangpendidikanmenengahdengankekhususanmempersiapkankelulusanuntuksiapbekerja.Mutululusanberkaitandenganprestasibelajar.Prestasibelajardiperolehsetelahsiswamelakukan proses belajar di sekolah. Terdapatbeberapafaktor yang dapatmempengaruhiprestasi belajarsiswayaitumotivasibelajardanlingkungankeluarga. Pada pra-observasi diketahui prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Jember dibawah nilai rata-rata KKM. Peneliti melakukan penelitian terhadap dua faktor tersebutuntuk mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Latar belakang diatas dapat dirumuskan sebagai berikut Bagaimana motivasi belajar lingkungan keluarga prestasi belajar siswa kelasXI dan XII kompetensi Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Jember. Apakah ada pengaruh motivasi belajar lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII kompetensi Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Jember. Hasil penelitian ini adalah (1) Motivasi belajar siswa SMKN 2 Jember termasuk tinggi (2)Lingkungan keluarga siswa SMKN 2 Jember termasuk rendah (3) Prestasi belajar siswa SMKN 2 Jember memiliki nilai di atas SKM (4) Secara bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel motivasi belajar dan variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa SMKN 2 Jember (5) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMKN 2 Jember (6) Secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa SMKN 2 Jember (7) Motivasi belajar berpengaruh lebih dominan terhadap prestasi belajar pada siswa SMKN 2 Jember dibandingkan dengan variabel lingkungan keluarga Saran yang dikemukakan peneliti adalahguru diharapkan dapat mempertahankan motivasi belajar yang dimiliki setiap siswa. Selain itu guru juga diharapkan lebih dekat dengan orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Feb 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/44294 |
Actions (login required)
View Item |